AKD Terbentuk, PKB dan PDIP Saling Berbagi Ketua Komisi

KAJEN – DPRD Kabupaten Pekalongan secara maraton dalam sehari pada Kamis (26/9/2019) menyelesaikan tiga agenda penting. Yakni, pelantikan pimpinan definitif, pelantikan tiga anggota Dewan susulan, dan pembentukan alat kelengkapan DPRD (AKD).
Sekitar pukul 10.00 WIB, DPRD menggelar Rapat Paripurna dengan agenda pengambilan sumpah pimpinan Dewan periode 2019-2024, yakni Ketua DPRD Hindun dari PKB, Wakil Ketua masing-masing Riswadi dari PDI Perjuangan, Mas’udah dari PPP, dan Nunung Sugiantoro dari Gerindra. Rapat paripurna pertama usai langsung dilanjut Rapat Paripurna pelantikan tiga anggota DPRD susulan. Ketiga wakil rakyat yang dilantik masing-masing Masbuchin dan Saeful Bahri dari PKB dan Saeful Arif dari Gerindra. Ketiganya tidak bisa mengikuti pelantikan pada tanggal 14 Agustus 2019 karena menunaikan ibadah haji.
Setelah jeda istirahat dan salat, DPRD Kabupaten Pekalongan pada siang harinya langsung mengagendakan pembentukan AKD. Pembentukan AKD ini berjalan dengan lancar karena sebelumnya sudah ada musyawarah di antara perwakilan partai yang ada di DPRD Kabupaten Pekalongan.
Oleh karena itu, DPRD Kabupaten Pekalongan dengan lancar mampu menghasilkan Keputusan DPRD Kabupaten Pekalongan Nomor 14 Tahun 2019 tentang Pembentukan Komisi DPRD Kabupaten Pekalongan Masa Jabatan 2019-2024.
Dalam keputusan ini, Ketua Komisi A dipercayakan kepada Dodiek Prasetyo dari PDI Perjuangan, Ketua Komisi B Sumar Rosul dari PDI Perjuangan, Ketua Komisi C Abdul Munir dari PKB, dan Ketua Komisi D dipegang Kholis Jazuli dari PKB.
Sementara itu, untuk Ketua Badan Kehormatan dipegang Edy Haryanto, Ketua Bapemperda Sabdo, Ketua Badan Musyawarah Hindun, dan Ketua Badan Anggaran Hindun. Semuanya berasal dari Fraksi PKB.
Ketua Fraksi PDI Perjuangan Sumar Rosul menyatakan, posisi Ketua Komisi A dan B dipercayakan kepada PDI Perjuangan, yakni Dodiek Prasetyo dan dirinya sendiri. Sedangkan untuk Ketua Komisi C dan D dipegang oleh Fraksi PKB.
Sedangkan, Abdul Munir membenarkan jika dirinya dipercaya untuk menjadi Ketua Komisi C dan Kholis Jazuli menjadi Ketua Komisi D. “AKD sudah clear, kita akan langsung tancap gas untuk kerja,” ujar dia.

Alat Kelengkapan Dewan:
Ketua Komisi A: Dodiek Prasetyo (PDI Perjuangan)
Ketua Komisi B: Sumar Rosul (PDI Perjuangan)
Ketua Komisi C: Abdul Munir (PKB)
Ketua Komisi D: Kholis Jazuli (PKB)
Ketua Badan Kehormatan: Edy Haryanto (PKB)
Ketua Bapemperda: Sabdo (PKB)
Ketua Badan Musyawarah: Hindun
Ketua Badan Anggaran: Hindun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *