Anggota DPRD Minta Dana Desa Harus Dijalankan Sesuai Aturan

KAJEN – Anggota DPRD Kabupaten Pekalongan dari Fraksi Merah Putih asal Partai Gerindra?, Catur Andriansyah meminta bantuan keuangan untuk pemerintah desa atau dana desa harus dijalan sesuai juklan dan juknis yang ada.

“Pelaksanaan dana desa harus sesuai aturan. Kegiatan dilaksanakan sesuai petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis yang ada. Pembangunan harus bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” kata dia.

DPRD yang memiliki tugas pokok dan fungsi pengawasan, tentu akan terus memantau pelaksanaan pembangunan di desa baik anggaran yang bersumber baik dari dana desa maupun bantuan keuangan untuk pemerintah desa.

Anggota DPRD Kabupaten Pekalongan lainnya, dari Fraksi PDI Perjuangan, Moh Nurkholis menekankan, pelaksanaan dana desa harus mampu mengejar ketertinggalan masalah kemiskinan di desa-desa yang ada di wilayah Kota Santri.

Kemudian, pelaksanaan pembangunan infastruktur di desa juga harus bisa meningkatkan sarana dan prasarana untuk mendukung peningkatan perekonomian masyarakat di desa tersebut. Dengan begitu pembangunan infastruktur di desa bisa menunjang kegiatan ekonomi desa.

“Masyarakat dalam proses pembangunan di desa juga harus dilibatkan dalam proses musyawarah desa. Pelaksanaannya pun harus berpegang prinsip transparan, karena transparansi saat ini menjadi sesuatu yang penting,” katanya.

Anggota DPRD Catur Andriansyah menambahkan, prinsip pelaksanaan pembangunan seperti tepat waktu, tepat sasaran dan tepat guna juga harus menjadi pegangan kepada para pemangku kepentingan pelaksanaan pembangunan di desa.

“Masyarakat harus bisa mendapatkan manfaat dari pelaksanaan pembangunan di desa. Harapannya juga bisa mensejahterakan masyarakat Kabupaten Pekalongan menjadi lebih baik,” kata dia. (i)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *