DPRD dan Pemkab Sahkan Dua Raperda Menjadi Perda

KAJEN – DPRD dan Pemerintah Kabupaten Pekalongan, Selasa (24/7) secara bersama-sama mengesahkan dua rancangan peraturan daerah menjadi peraturan daerah dalam sebuah rapat paripurna di ruang rapat paripurna DPRD Kabupaten Pekalongan.
Adapun dua raperda yang disahkan menjadi peraturan daerah (Perda) yaitu Raperda Tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Pekalongan Tahun Anggaran 2017 dan Raperda Tentang Penambahan Modal Daerah Kabupaten Pekalongan pada Badan Usaha Milik Daerah.
Rapat paripurna pengesahan dua raperda tersebut dipimpin langsung Ketua DPRD Kabupaten Pekalongan, Hindun dan didampingi pawa wakil ketua DPRD, di antaranya Achmat Khozin dan Nunung Sugiantoro. Dari Pemkab Pekalongan adalah Wakil Bupati Pekalongan Arini Harimurti. Hadir dalam acara tersebut sejumlah kepala SKPD dan tamu undangan lainnya.
Sambutan tertulis Bupati Pekalongan Asip Kholbihi yang dibacakan Wakil Bupati Pekalongan Arini Harimurti menyampaikan ucapan terimkasih kepada seluruh pimpinan dan Anggota DPRD yang telah melakukan pembahasan terhadap kedua Raperda tersebut, sehingga biusa dilakukan persetujuan bersama untuk ditetapkan menjadi Peraturan  Daerah.
Menurutnya perbedaan pendapat, persepesi maupun pemikiran adalah sebuah dinamika namun hal tersebut telah dapat diselaraskan dan disepakati bersama dengan mengutamakan semangat mencapai hasil yang terbaik. “Saran dan pemikiran serta catatan yang disampaikan oleh segenap Anggota DPRD melalui rapat kerja badan anggaran maupun komisi-komisi serta fraksi-fraksi yang tertuang dalam pandangan umum dan kata akhir akan kami perhatikan dan sebagai bahan masukan untuk penyempurnaan lebih lanjut,” katanya.
Berdasarkan hasil pembahasan bersama yang telah dilaksanakan, mnaka dapat disampaikan ringkatasan laporan realisasi anggaran pada rancangan peraturan daerah tentang peratnggungjawaban pelaksanaan APBD Kabupaten Pekalongan tahun Anggaran 2017. Untuk pendapatan daerah Rp 2.067.907.851.793,77, belanja dan transfer Rp 2.037.600.968.643,75 , surplus Rp 30.306.883.150,02 dan pembiayaan netto Rp 199.775.694.627, 79 serta sisa lebih perhitungan anggaran Rp 230.082.577.777,81.
Sehubungan dengan Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Pekalongan tahun Anggaran 2017, akan disampaiakan kepada Gubernur Jawa TEngah untuk mendapatkan evaluasi agar tercapai keselarasan antara kebijakan daerah, provinsi dan pusat maupun sinergitas antara kepentingan publik dan kepentingan apartur serta untuk menghindari bertentangan dengan peraturan perundangan-undangan lainnya. (i)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *