Dua Pekan Digenangi Rob, Warga Minta Jalan Ditinggikan

KAJEN – Hampir dua pekan terakhir jalan utama Desa Jeruksari, Kecamatan Tirto, Kabupaten Pekalongan tergenang air rob. Kondisi demikian menyebabkan aktivitas warga di sana sedikit terganggu terutama ketika warga hendak berangkat kerja dan anak pergi sekolah.

Berdasarkan penuturan warga Desa Jeruksari, Moch Nurkholis, kondisi tergenangnya jalan utama desa sudah terjadi hampir setengah bulan ini. Menurut dia, tergenangnya jalan desa menyebabkan jalur distribusi ekonomi menjadi terhambat.

“Banyak warung di desanya tidak laku lantaran jalan desa tergenang rob. Sejumlah sales pun saat ini ada yang tidak mau datang ke desa Jeruksari lantaran jalan tergenang air rob. Adapun ketinggiannya antara 10 sampai 40 cm,” kata Moch Nurkholis yang juga Anggota DPRD Kabupaten Pekalongan, itu, Rabu (10/10).

“Warga di sini (Desa Jeruksari,red) tidak membutuhkan bantuan berupa mi instan atau semacamnya. Warga dan masyarakat Desa Jeruksari mintanya akses jalan yang digunakan untuk jalur berangkat kerja distribusi kegiatan ekonomi bisa lancar dilintasi dan tidak tergenang rob,” sambungnya.

Untuk itu, pihaknya atas nama masyarakat di Desa Jeruksari, Kecamatan Tirto meminta kepada Pemkab Pekalongan untuk meninggikan jalan poros desa, supaya bisa dilintasi untuk kelancaran kegiatan ekonomi. Meski, lanjut dia, peninggian jalan akan menyebabkan ketinggian rumah tampak rendah. Namun hal demikian bagian dari risiko yang harus dipilih.

Pemerintah Daerah, kata dia, saat ini tengah membangun tanggul mulai dari Sungai Sragi Lama sampai Desa Jeruksari. Mudah-mudahan program pembangunan tersebut mampu mengurangi atau menghilangkan genangan rob di desanya baik di jalan utama desa maupun pemukiman warga.

Sementara itu, Bupati Pekalongan Asip Kholbihi di sela sela menyampaikan pidato di acara rapat paripurna persetujuan bersama Raperda Sistem Perencanaan Pembangunan Daerah menyampaikan, saat ini wilayah bagian utara seperti di beberapa desa di Kecamatan Wonokerto dan Tirto mulai digenangi air rob. “Nanti kita akan cek dan melihat bagaimana treatment atau penangannya seperti apa?,” katanya. (i)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *