Fraksi PDI Perjuangan Dorong Pengelolaan Pariwisata Berbasis Masyarakat

KAJEN – Pemerintah Kabupaten Pekalongan didorong untuk mengelola pariwisata dengan inovasi berbasis masyarakat. Dorongan itu disampaikan Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kabupaten, Moch Nurkholis, baru-baru ini.
Menurutnya, saat ini secara nasional industri pariwisata sedang tumbuh. Pariwisata nasional mampu tumbuh, kata Nurkholis, lantaran pemerintah mengelola pariwisata dengan baik. “Kami dari Fraksi PDI Perjuangan mendorong Kabupaten Pekalongan untuk mengelola pariwisata berbasis masyarakat dengan berbagai inovasinya,” tandas dia.
Dorongan tersebut, lanjut politisi asal Desa Jeruksari, didasari pada rendahnya daya saing yang dimiliki Pemkab Pekalongan jika dibandingkan dengan daerah tetangga. Kemudian lemahnya peran pemerintah daerah Kabupaten Pekalongan dalam menyinergikan investasi dengan potensi ekonomi lokal.
Ketua Fraksi Persatuan Pembangunan Sejahtera DPRD Kabupaten Pekalongan, Muhtarom menyampaikan, dalam hal pengembangan pariwisata di Kota Santri fraksinya melihat adanya pembangunan wisata yang cenderung ‘nggedabyah’, tanpa melihat manfaat dan urgensinya, sehingga pihaknya mengharapkan pembangunan pariwisata ke depan lebih terarah pada satu titik destinasi wisata.
“Kami minta pengelolaan wisata fokus dan betul betul dikelola dengan serius serta profesional. Dalam artian dapat terpenuhi segala fasilitas pendukung seperti infastruktur yang memadai sehingga para pengunjung dapat merasa nyaman dan puas dimana pada akhirnya dapat menimbulkan rasa berkunjung kembali,” tandas dia.
Sehubungan dengan pengelolaan wisata desa, pihaknya berharap pemerintah daerah menyerahkan pengelolaannya kepada BUMDES di desa setempat agar dapat dikelola secara maksimal, sehingga dapat memberdayakan masyarakat dan membangun lingkungan serta meningkatkan perekonomian di sana.
Bupati Pekalongan Asip Kholbihi, menyampaikan, untuk tahun 2019 kosentrasi pembangunan pariwisata yang dikelola Pemda difokuskan pada objek wisata Linggo Asri. Disamping itu pemerintah daerah memfasilitasi pengembangan pariwisata yang dikelola oleh masyarakat. (i)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *