Kegiatan Dewan

Sawah di Jeruksari Dipenuhi Eceng Gondok, Pemda Diminta Turun Tangan

KAJEN - Lahan pertanian berupa sawah padi di Desa Jeruksari, Kecamatan Tirto saat ini dipenuhi tanaman eceng gondok. Atas kondisi tersebut pemerintah daerah diminta turun tangan.Hal demikian disampaikan Anggota DPRD Kabupaten Pekalongan, dari Fraksi PDIP  Moh Nurkholis dalam siaran persnya yang dikirim ke Suara Merdeka, Rabu (9/8).

 Menurut politisi asal Desa Jeruksari tersebut, lahan pertanian berupa sawah di desanya saat ini menjadi Ladang eceng gondok. "Sawah di Desa Jeruksari sejak 2004 tidak bisa ditanami padi, hal itu disebabkan karena luapan air rob masuk ke persawahan," katanya.Padahal, lanjut Ketua Fraksi PDIP DPRD Kabupaten Pekalongan itu, sawah di desanya sebelum terkena luapan air rob dalam dua tahun bisa panen sebanyak lima kali. 
 
Akibat sawah tidak bisa ditanami, saat ini, para petani di Desa Jeruksari, Kecamatan Tirto, kata Nurkholis, banyak yang beralih profesi menjadi kuli panggul di beberapa toko di Kota Pekalongan.Setelah pemkab membangun tanggul darurat melintang, diharapkan ada semacam reklamasi supaya sawa-sawah di Desa Jeruksari bisa ditanami padi kembali.
 
Adapun luasan sawah di Desa Jeruksari mencapai 120 hektare, luasan tambak 59 hektare. Dengan jumlah penduduk 8.211 jiwa, sedangkan jumlah KK miskin capai 2.158. "Untuk itu saya meminta agar pemerintah daerah segera turun tangan agar para petani di Desa Jeruksari bisa melakukan aktivitas pertaniannya yaitu menanam padi," tandas dia. (i)

 

 

 

HUBUNGI KAMI

Sekretariat DPRD Kabupaten Pekalongan
Alamat Jl. Alun-alun Utara No.2
Kajen
Jawa Tengah
Kode Pos 51161
Indonesia
Telp : 0285-381928

: