Kegiatan Dewan

SD Kranding Terendam Rob, Anggota DPRD Minta Pemerintah Daerah Turun Tangan

 

KAJEN - Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kabupaten Pekalongan, Moh Nurkholis meminta pemerintah daerah turun tangan mengatasi persoalan rob yang melanda di Desa Jeruksari, Kecamatan Tirto. Terutama di SDN Kranding yang berlokasi di desa tersebut.

Menurutnya, SD Kranding utamanya halaman sekolah kerap terendam rob, sehingga tidak bisa melaksanakan kegiatan rutin tiap hari Senin, yaitu upacara bendera. "Pemerintah daerah saya minta segera mengatasi permasalahan ini," tandasnya.

 

Ia juga mengapresiasi upaya pemerintah daerah dalam penanganan rob di wilayah pesisir utara, seperti yang baru-baru ini dilakukan yaitu di tiga desa di Kecamatan Tirto, seperti Mulyorejo, Tegaldowo dan Karangjompo.

Adapun bentuk penanganan rob yang dilakukannya adalah dengan membangun tanggul darurat melintang. Pembangunan tanggul darurat melintang tersebut mampu mengatasi rob di Desa Mulyorejo, bahkan warga di sana sempat mengadakan tasyakuran lantaran dewngan adanya bangunan tanggul darurat melintang tersebut mampu mengatasi rob di desa tersebut.

Terpisah, Kepala Desa Mulyorejo, M Barok pada kesempatan acara tasyakuran pembangunan tanggul darurat melintang di hadapan warganya menyatakan, banjir rob di Desa Mulyorejo selama sepuluh tahun belum surut. Dengan adanya pembangunan tanggul melintang, mampu mengeringkan jalan-jalan perkampungan di desanya bebas dari rob.

"Dulu masjid jami" di desa kami tidak bisa digunakan shalat Id. Lebaran kemarin sudah bisa karena masjid tidak lagi terendam rob. Kami ucapkan Alhamdulillah dan terimakasih kepada Pemkab Pekalongan dan Anggota DPR RI Bisri Romly yang sudah banyak membantu memperjuangkan agar rob di Pekalongan bisa diatasi," katanya.

Meski di Desa Mulyorejo sudah bebas dari banjir rob, tapi, lanjut dia, desa tetangga yaitu Desa Jeruksari masih terendam rob.Mudah-mudahan dengan perjuangan dan doa masyarakat, pemerintah bisa mengatasi permasalahan rob di Desa Jeruksari. "Kalau kita gendeng ceweng, tidak akan berkah. Mari sama-sama berdoa supaya Kabupaten Pekalongan bebas rob," tandasnya. (i)

 

 

 

 

 

 

 

HUBUNGI KAMI

Sekretariat DPRD Kabupaten Pekalongan
Alamat Jl. Alun-alun Utara No.2
Kajen
Jawa Tengah
Kode Pos 51161
Indonesia
Telp : 0285-381928

: