Kegiatan Dewan

Sajikan Masakan Serba Kambing dan Sapi, Meriahkan Idul Adha di Desa Wonosari, Doro

 

KAJEN - Memasuki  hari tasyrik atau masih dalam suasana Idul Adha. Warga Desa Wonosari, Kecamatan Doro, Kabupaten Pekalongan memiliki cara tersendiri memeriahkan hari raya umat Islam tersebut.

Di mana sebelum di Desa Wonosari, Kecamatan Doro, terutam warga Muhammadiyah di kecamatan tersebut melangsungkan ibadah kurban dengan memotong hewan sapi sebanyak 11 ekor dan puluhan kambing. Selanjutnya, pada Minggu malam (3/9) warga menyajikan makanan serba daging kambing dan sapi.

 

Olahan masakan daging hewan kurban yang dioleh secara swadaya, usai shalat Isya disajikan di jalan perkampungan. Terdapat berbagai masakan, ada semur daging sapi dan kambing, megana (nangka muda dicincang), nasi dan sebagainya.

Anak-anak hingga orang dewasa berkumpul di jalan perkampungan. Setelah sejumlah tokoh masyarakat menyampaikan pesan dan sambutannya, warga pun langsung menyerbu makanan yang telah disajikan.

Ketua PCM Muhammadiyah Kecamatan Doro, Syarifundin menyatakan, acara makan bersama warga usai melaksanakan proses pemotongan hewan kurban ini merupakan wujud syukur kepada Allah SWT atas nikmat yang telah dianugerahkan, sehingga masyarakat di Wonosari, Doro bisa memotong hewan kurban sebanyak 11 ekor sapi dan 18 kambing. "Hewan-hewan kurban itu berasal dari 400 kepala keluargan di desa kami," ucapnya.

Menurutnya, makanan yang disajikan itu berbahan dasar kepala, kaki sapi dan kambing yang dibagikan kepada RT 9. Adapun untuk proses masakannya, menu disesikan selera masing-masing yang mengolah masakan tersebut. "Tradisi makan bersama yang bisa menjadikan masyarakat guyub patut untuk dilestarikan," kata dia. (i)

 

 

 

HUBUNGI KAMI

Sekretariat DPRD Kabupaten Pekalongan
Alamat Jl. Alun-alun Utara No.2
Kajen
Jawa Tengah
Kode Pos 51161
Indonesia
Telp : 0285-381928

: