Kegiatan Dewan

13 Kecamatan Masuk Daftar Rawan Kesulitan Air

KAJEN - Sebanyak 13 kecamatan dari 19 kecamatan yang ada di Kabupaten Pekalongan masuk daftar daerah kesulitan air. Demikian disampaikan Kepala BPBD Kabupaten Pekalongan, Bambang Sujatmiko, baru-baru ini.

 
Ketiga belas kecamatan itu di antaranya Sragi, Bojong, Kesesi, Karanganyar, Doro, Wonopringgo, Kedungwuni, Kajen, Siwalan, Karangdadap, Talun, Paninggaran, Wonopringgo, Kandangserang dan lainnya. 
 
Menurutnya,  berdasarkan hasil pantauan sejak 2015 kemarin ada beberapa desa dan kecamatan yang kekurangan air bersih. Di antaranya ada 13 kecamatan 28 desa, namun demikian hasil pantauan sepanjang tahun ini belum ada yang mengalami kesuitan air bersih. 
 
"Kalaupun ada kesulitan air maka kami sudah mengimbau pada camat untuk menyurati Bupati atau BPBD dan nanti akan kita tindak lanjuti dengan melakukan droping air ke daerah tersebut. Adapun untuk yang terancam memang ada 13 kecamatan dan 28 desa," terangnya.
 
Sebagai langkah antisipasi kekeringan atau kesulitan air, maka Pemerintah Kabupaten Pekalongan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) pekan lalu mulai mendistribusikan tandon penampungan air bersih ke sejumlah desa yang terancam krisis air. 
 
Dia menjelaskan, tndon tersebut rencana akan digunakan oleh warga untuk menampung air bersih kemudian disalurkan ke masyarakat. Sedangkan tandon yang didistribusikan untuk penamungan air bersih tersebut karena masyarakat apabila droping air bersih biasanya, mereka menggunakan derigen dan ember untuk dibawa sesuai kebutuhan ke rumah masing-masing.
 
"Karena tempat terbatas kita gunakan tandon untuk penampungan air bersih tersebut. Sedangkan sejumlah desa yang sudah mengajukan Desa Rowocacing, Kedungwuni, maupun Desa Loragung, Kandangserang. Untuk droping sesuai permintaan dari masyarakat dan desa. Status saat ini masih siaga darurat dan puncaknya biasanya bulan oktober masuk puncak kekeringan," jelasnya.(i)

 

 

 

HUBUNGI KAMI

Sekretariat DPRD Kabupaten Pekalongan
Alamat Jl. Alun-alun Utara No.2
Kajen
Jawa Tengah
Kode Pos 51161
Indonesia
Telp : 0285-381928

: