Kegiatan Dewan

Tingkatkan Ekonomi Masyarakat, DPRD Minta Pemkab Bangun Pasar Ikan

 

KAJEN - Untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah, Komisi B DPRD Kabupaten Pekalongan meminta Pemerintah daerah agar membangun pasar ikan. Pasalnya, potensial dan transaksinya hampir tidak ada batas waktu bisa 24 jam.

Wakil Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Pekalongan, Sofwan Sumadi dalam kunjungan kerja Ketua dan Anggota Komisi tersebut di Pasar Doro menyatakan, keberadaan pasar ikan hias di Kuripan, Kota Pekalongan yang buka selama 24 jam bisa dijadikan rujukan atau referensi dalam membangun pasar ikan hias.

 

"Pasar ikan hias di sana (Pasar Kuripan, Kota Pekalongan, red,) selalu ramai. Pengamatan saya, banyak pemilik warung khas lamongan berbelanja ikan lele di san. Itu bisa menjadi daya ungkit peningkatan ekonomi masyarakat Kabupaten Pekalongan, apabila di sini (Kabupaten Pekalongan,red) dibangun pasar ikan," paparnya.

Menurutnya, dalam membangun pasar ikan memang dibutuhkan lahan yang cuku luas, terutama untuk halaman pasar. Konstruksinya tidak seperti pasar Los. Harapannya dengan adanya pasar ikan ini mampu meningkatkan perekonomian masyarakat dan pendapatan asli daerah serta menumbuhkan UMKM di Kota Santri. Untuk itu, pihaknya meminta supaya pemerintah daerah memprogramkan hal tersebut.

Sementara Kabid UMKM pada Dinperindag Kop UMKM Kabupaten Pekalongan, Septi Wijaya menyampaikan mengenai lokasi Pasar Ikan, kebetulan rencana dari konsep DED UKM juga masih ada tempat yaitu di lokasi UKM Center terletak di Pegaden, Kedungwuni.

Dikatakan, UKM center dengan konsep awal ada kios untuk menampung pedagang dan diatasnya ada tempat dan bisa disewa untuk suatu even pameran atau kegiatan. Namun demikian konsep awal itu hanya 13 pedagang namun perkembangan kemarin ada masukan lagi yaitu ada 21 kios untuk ditempati pedagang.

"Kita akan lihat lagi tergantung dari lahan UKM, dan masukan dari Komisi B DPRD akan saya sampaikan ke pimpinan termasuk berkoordinasi dengan Bappeda. Karena memang lahan yang dibutuhkan ada 6 hektar namun yang tersedia hanya 400 M2 untuk UKM," terangnya.

Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Pekalongan, Saeful Bahri menyampaikan Kunjungan Kerja ini untuk mengetahui secara pasti kondisi di lapangan. Dengan demikian Komisi B DPRD mengetahui permasalahan yang ada di Pasar Doro.

"Kedatangan kami untuk mengetahui berapa target pendapatan Pasar Doro yang sudah tercapai dan apa kendala-kendalanya, dengan begitu kami bisa membantu untuk memecahkan permasalahan yang ada," ungkapnya.(ii)

 

 

 

HUBUNGI KAMI

Sekretariat DPRD Kabupaten Pekalongan
Alamat Jl. Alun-alun Utara No.2
Kajen
Jawa Tengah
Kode Pos 51161
Indonesia
Telp : 0285-381928

: