Kegiatan Dewan

Ketua DPRD : Anak Adalah Amanah, Maka Jagalah dengan Baik

 

KAJEN - Ketua DPRD Kabupaten Pekalongan, Hindun meminta kepada para orang tua di Kota Santri untuk menjaga, merawat dan mendidik anak-anaknya. Sebab, anak merupakan amanah dari Allah SWT.

"Anak jangan sampai ditelantarkan, mereka harus dirawat. Begitu juga dengan anak berkebutuhan khusus juga harus dirawat, dijaga dan diberi pendidikan. Mereka (anak) adalah kewajiban undang-undang," tandas dia, di Desa Wonoyoso, Kecamatan Buaran, Kabupaten Pekalongan dalam acara sosialisasi peraturan perlindungan anak, baru-baru ini.

 

Menurutnya, DPRD Kabupaten Pekalongan juga telah menerima masukan serta aspirasi dari paguyuban kaum difabel. Seperti tuna netra, tuna wicara dan sebagainya mereka meminta untuk diberikan akses.

"Setiap tahun kami (DPRD Kabupaten Pekalongan, red) kerap diundang kegiatan dari para penyandang difabel. Tentu pemerintah juga wajib melindungi mereka dan memberikan akses," tandasnya.

Pada kesempatan itu, politisi perempuan PKB itu juga menyosialisasikan fungsi dan kegunaan Kartu Kajen Sehat dan Kartu Kajen Pintar. Dimana pengguna kartu tersebut untuk membantu warga tidak mampu untuk mendapatkan akses pelayanan kesehatan dan pendidikan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pemberdayaan Perempuan Pelindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PDM P3A PPKB) Kabupaten Pekalongan, M Afib menjelaskan, pemerintah pusat telah mengeluarkan program Kartu Indonesia Sehat dan Kartu Indonesia Pintar.

Kemudian, lanjut dia, apabila ada warga tidak mampu yang belum masuk program pemerintah pusat, maka akan dimasukkan ke program miliknya pemerintah daerah, yaitu Kartu Kajen Sehat dan Kartu Kajen Pintar. "Pak bupati menghendaki, tidak ada lagi anak di Kabupaten Pekalongan yang tidak sekolah, tidak ada lagi warga Kabupaten Pekalongan yang kesulitan mengakses pelayanan kesehatan," ujarnya.

Berkaitan dengan anak berkebutuhan khusus, pemerintah daerah telah menyediakan sekolah untuk anak berkebutuhan khusus. Lokasinya berada di Wiradesa, tepatnya di belakang Pasar Wiradesa. Tentu di sana gratis.

Di hadapan ibu-ibu yang hadir pada acara tersebut, M Afib menyampaikan program KB untuk kalangan pria. Pemerintah juga telah menyediakan dana apresiasi, bagi pria yang ingin melakukan program KB laki-laki. Adapun besaran dana apresiasinya sebesar Rp 2,5 juta. (i)

 

 

 

 

 

 

 

HUBUNGI KAMI

Sekretariat DPRD Kabupaten Pekalongan
Alamat Jl. Alun-alun Utara No.2
Kajen
Jawa Tengah
Kode Pos 51161
Indonesia
Telp : 0285-381928

: