Kegiatan Dewan

Hindun : Mengaji Bersama Bupati Pekalongan untuk Doakan Kota Santri Lebih Baik

 

KAJEN - Badan Koordinas Taman Pendidikan Quran (Badko TPQ) Kabupaten Pekalongan bekerja sama dengan pemerintah daerah mengadakan mengaji bersama Bupati Pekalongan di Alun-alun, Kajen, Kamis (21/9).

Kegiatan itu diikuti 50 santri TPQ se-Kabupaten Pekalongan beserta para ustadzah dan ustadz di TPQ masing-masing. Tepat pukul 08.00 pagi puluhan ribu santri sudah berkumpul di Alun-alun, Kajen untuk melantunkan ayat-ayat suci Alquran.

 

Ketua Badko TPQ Kabupaten Pekalongan, Hj Hindun mengatakan, acara mengaji bersama Bupati Pekalongan ini diadakan untuk memperingati tahun baru Islam, 1 Muharam 1439 Hijriyah. Kegiatan diikuti sebanyak 50 santri se-Kabupaten Pekalongan. "Acara ini dimaksudkan juga untuk doa bersama agar Kabupaten Pekalongan ke depannya semakin baik, maju dan sejahtera," ucapnya.

Para santri juga membaca ayat-ayat suci Alquran dan mengkhatamkannya sebanyak 1095 kali. Hal itu dilakukan secara serentak oleh para peserta. Hadir pada acara itu Dandim Pekalongan, dan para pejabat struktural serta pejabat teras di Pemkab Pekalongan.

Event dengan melibatkan jumlah peserta banyak ini baru kali pertama dilakukan di era kepengurusan Badko Kabupaten Pekalongan yang dipimpin oleh Hj Hindun yang juga Ketua DPRD Kabupaten Pekalongan. "Semoga acara seperti bisa dilestarikan di tiap tahunnya," katanya.

"Tapi yang paling penting esensi dari acara ini adalah sebagai langkah supaya para anak-anak di Kabupaten Pekalongan mencintai Alquran dan mempelajarinya. Ini penting agar Alquran benar-benar tertanam di hati para santri," katanya.

Sementara itu, Bupati Pekalongan Asip Kholbihi mengatakan, pemerintah telah mengeluarkan program supaya warga di Kota Santri usai shalat maghrib membaca Alquran. Sebab, hal demikian akan membawa keberkahan serta bisa membentuk karakter moral bangsa.

Dikatakan, Pemkab Pekalongan sudah memberikan bantuan sebesar 5,155 M, yang disalurkan kepada TPQ di seluruh Kabupaten Pekalongan . Ia berharap dengan bantuan ini dapat merangsang pengelola TPQ dalam rangka untuk menguatkan pendidikan karakter dan mental .”Ada 155 lembaga TPQ yang belum memilki badan hukum , dan semoga tahun depan seluruh TPQ yang ada di Kabupaten Pekalongan mendapat bantuan semua," ungkapnya.

Selanjunya Asip menyampaikan akan memberikan fasilitasi dan bimbingan agar pengelola , pengurus TPQ, ustad dan ustadzah benar benar menjalankaan mandat yaitu mendidik anak TPQ agar menjadi anak yang mengetahui dengan benar dasar membaca Alquran dan tata cara ibadah. Kemudian penerapan ilmu muamalah, ilmu pergaulan perdagangan, ilmu sosial politik budaya secara islami. "Jika itu sudah sesuai trak maka kita akan menjadi bangsa yang besar, dan unggul karena memiliki akhlak, ilmu dan kaarakter yang kuat," katanya. (ii)

 

 

 

HUBUNGI KAMI

Sekretariat DPRD Kabupaten Pekalongan
Alamat Jl. Alun-alun Utara No.2
Kajen
Jawa Tengah
Kode Pos 51161
Indonesia
Telp : 0285-381928

: