Kegiatan Dewan

PAN Pertanyakan Nasib Perangkat Desa Aktif Tak Berijazah SMU Sederajat

KAJEN - Fraksi PAN DPRD Kabupaten Pekalongan mempertanyakan nasib perangkat desa aktif yang belum memiliki ijazah SMU/sederajat. Sebab berdasarkan pasal 9 Raperda tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa disebutkan syarat-syarat menjadi perangkat desa antara lain berpendidikan minimal SMU/sederajat.

Demikian pertanyaan itu tertuang dalam naskah Pandangan Umum Fraksi Partai Amanat Nasional DPRD Kabupaten Pekalongan yang dibacakan oleh Ketua Fraksi PAN, Sofwan Sumadi, dalam rapat paripurna dengan agenda pandangan umum fraksi-fraksi atas empat raperda, di ruang sidang paripurna DPRD Kabupaten Pekalongan, baru-baru ini.



Menurutnya, berkaitan seleksi perangkat desa terutama mengenai tesnya kata dia, juga perlu dimasukkan ujian praktik. Ujian praktik itu, sebagai alat ukur kemampuan retorika calon perangkat desa. Pasalnya, perangkat desa lebih banyak melaksanakan tugas kemasyarakatan yang membutuhkan kemampuan berbicara yang baik, terutama soal pelaksanaan kewilayahannya. "Atas dua permasalahan itu, kami tanggapan dari Pemkab Pekalongan," katanya.

Sementara itu, juru bicara Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (FPKB), M Nasron mengemukakan, di dalam draft Raperda Tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Perangkat Desa tidak ada aturan jelas mengenai jumlah perangkat desa yang diperbolehkan. Padahal, kata Nasron, saat ini data di lapangan, jumlah perangkat desa dalam satu desa dengan desa lainnya bervariasi. Untuk itu, Fraksi PKB meminta penjelasan atas persoalan tersebut.

PKB pada kesempatan itu, juga mempersoalan mengapa kesejahteraan perangkat desa masih rendah. Menurut dia, kesejahteraan perangkat desa dan penghasilan kurang memadai, seringkali menjadi hambatan bagi desa dalam meningkatkan kapasitas sebagai perangkat desa.

"Kami menyarankan terkait dengan perangkat desa yang ingin menyalonkan diri menjadi kepala desa sebaiknya mundur dari jabatannya dulu. Kemudian terkait Sekretaris Desa yang berstatus PNS, kenapa belum ada tindak lanjut penarikan dari desa," tandas Nasron. (ii)

 

 

 

HUBUNGI KAMI

Sekretariat DPRD Kabupaten Pekalongan
Alamat Jl. Alun-alun Utara No.2
Kajen
Jawa Tengah
Kode Pos 51161
Indonesia
Telp : 0285-381928

: