Kegiatan Dewan

Jalan Poros Penghubung Desa Pamutuh-Depok Longsor, Anggota DPRD Minta Pemda Turun Tangan

 

KAJEN - Jalan poros desa yang menghubungkan dua desa di Kecamatan Lebakbarang, antara Desa Pamutuh dan Depok longsor. Akibatnya warga harus membangun jembatan darurat guna agar bisa dilintasi.

Anggota DPRD Kabupaten Pekalongan, Sabdo, Senin (30/10), mengatakan, jalan poros desa yang longsor tersebut masuk wilayah Desa Pamutuh. Namun, yang melintas di sana sebagian warga Depok. Adapun peristiwa longsor sudah terjadi sekitar satu bulan lalu.

 

"Setelah longsor terjadi. Guna memperlancar akses ekonomi dan lalu lintas kendaraan di desa tersebut warga membangun jembatan darurat dari material kayu secara gotong royong," katanya.

Menurut dia, status jalan yang longsor tersebut adalah jalan poros desa. Untuk itu, pemerintah daerah diminta untuk mengambil penanganan perbaikannya. Misalnya dibuat jembatan permanen atau dikembalikan seperti semula.

"Itu masuk bencana.Mungkin bisa menggunakan dana penanggulangan bencana. Perbaikkan mendesak dilakukan karena jalan tersebut satu-satunya akses menuju ke Desa Depok yang berlokasi sisi selatan pusat Kota Kecamatan Lebakbarang," tandasnya.

Keberadaan jalan tersebut penting bagi masyarakat di sana (Desa Depok,red). Sebab apabila hendak ke pusat Kabupaten Pekalongan, yaitu Kota Kajen, satu-satunya akses jalan yang bisa dilalui hanya jalan yang longsor tersebut.

Dengan begitu, pihaknya meminta supaya pemerintah daerah segera turun tangan memperbaikinya agar akses ekonomi warga Desa Pamutuh-Depok lancar, sehingga akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di kawasan dataran tinggi Kabupaten Pekalongan.

"Saya sendiri sudah meninjau langsung ke lokasi. Kondisinya memang jalannya sempit, tidak bisa untuk simpangan mobil," ujar Sabdo yang tergabung Anggota Komisi B DPRD Kabupaten Pekalongan tersebut.(iii)

 

 

 

HUBUNGI KAMI

Sekretariat DPRD Kabupaten Pekalongan
Alamat Jl. Alun-alun Utara No.2
Kajen
Jawa Tengah
Kode Pos 51161
Indonesia
Telp : 0285-381928

: