Kegiatan Dewan

Fraksi PPS Beri Peringatkan Pemkab untuk Tingkatkan Pendapatan dari Sektor Parkir

 

KAJEN - Fraksi Persatuan Pembangunan Sejahtera (FPPS) DPRD Kabupaten Pekalongan Peringatkan kepada Pemkab untuk meningkatkan pendapatan, terutama dari sektor parkir. Sebab analisanya di lapangan masih berpotensi.

"Kami juga mengingatkan kepada pemerintah daerah agar pendapatan daerah yang diterima dipastikan sesuai potensi riil. Sebab sampai saat ini belum diketahui potensi nyata pendapatan yang ada. Pemerintah daerah seharusnya melakukan kajian yang bisa dijadikan tolok yukur untuk mencapai pendapatan yang semestinya," kata Ketua Fraksi PPS DPRD Kabupaten Pekalongan, Muhtarom, dalam draf naskah pandagan umum fraksnya, pada pelaksanaan Rapat Paripurna Penyampain Pandangan umum Fraksi-fraksi atas Raperda APBD 2018, di ruang sidang paripurna, Jumat (10/11).

 

Fraksi PPS, pada kesempatan itu juga menyoroti konstribusi pendapatan dari BUMD yang sampai saat ini belum bisa dibanggakan. Menurutnya, modal yang telah disertakan oleh pemerintah daerah belum seimbang. Karenanya, FPPS DPRD Kabupaten Pekalongan mempertanyakan upaya yang dilakukan oleh pemerintah daerah dalam pengelolaan BUMD, seperti apa?.

Ketua Fraksi PAN DPRD Kabupaten Pekalongan, Sofwan Sumadi menyatakan, Fraksi PAN memandang PAD masih bisa ditingkatkan apabila dilakukan intensifikasi pendapatan dan penekanan angka kebocoran di pos pajak dan retribusi, seperti penertiban parkir liar dan penerbitan tempat usaha tanpa izin. Untuk itu, FPAN meminta tanggapan bupati atas permasalahan tersebut.


Sementara itu dalam pelaksanaan Rapat Paripurna jawaban bupati atas pandangan umum fraksi-fraksi yang diselenggarakan pada Jumat (10/11) petang, Bupati Pekalongan, Asip Kholbihi menyatakan, langkah dan strategi yang dilakukan untuk mencapai target pendapatan melalui upaya itensifikasi dan eksistensi, pembenahan sistem administrasi pengelolaan pendapatan. Kemudian melakukan optimalisasi pemanfaatan asset, sinergitas dengan semua OPD serta melakukan koordinasi dan konsultasi dengan pemerintah pusat dan propinsi.

Selanjutnya berkaitan dengan peningkatan PAD, kata bupati, telah diawali dengan kajian terhadap potensi di semua sektor. Adapun untuk kenaikan retrbusi parkir dilakukan pembenahan manajemen pengelolaan parkir antara lain rintisan penerapan e-parkir. "Kami juga akan melakukan pembenahan manajemen pengelolaan BUMD sebagai upaya mengoptimalkan pendapatan daerah," kata bupati. (ii)

 

 

 

HUBUNGI KAMI

Sekretariat DPRD Kabupaten Pekalongan
Alamat Jl. Alun-alun Utara No.2
Kajen
Jawa Tengah
Kode Pos 51161
Indonesia
Telp : 0285-381928

: