Kegiatan Dewan

Pendapat Bupati Atas Dua Raperda Inisiatif DPRD, Kawasan Linggoasri Bisa Dijadikan untuk Sanatorium Tuberkulosis

 

KAJEN - Kawasan Linggoasri, di Desa Linggoasri, Kecamatan Kajen bisa dijadikan Sanatorium yaitu sebuah fasilitas medis untuk penyakit jangka panjang, terutama tuberkulosis. Demikian disampaikan Bupati Pekalongan Asip Kholbihi, di sela-sela menyampaikan pendapatnya atas dua Raperda Inisitatif DPRD yaitu Raperda Tuberkulosis dan Raperda Produk Hukum dalam sebuah paripurna di Ruang Sidang DPRD Kabupaten Pekalongan, Senin (4/11).

"Raperda inisiatif DPRD Kabupaten Pekalongan, tentang Tuberkulosis dalam pembahasan kedepannya mesti ada unsur lokal kontennya. Misalnya, di kawasan Linggoasri bisa dijadikan santorium untuk penyakit tuberkulosis," katanya, sambil menambahkan, ketinggian kawasan Linggoasri sekitar 600-an di atas permukaan laut, sehingga, menurutnya, lokasi tersebut cocok untuk itu.

 

Berkaitan dengan Raperda Tuberkulosis, berdasarkan ketentuan pasal 4 Peraturan Menteri Ksehatan Nomor 67 Tahun 2016 tentang Penanggulangan Tuberkulosis, bahwa pemerintah pusat, pemerintah daerah dan masyarakat bertanggung jawab menyelenggarakan penanggulangan tuberkulosis. Maka, pihaknya mengapresiasi inisaitif yang baik berupa penyusunan raperda ini. Hal demikian untuk mencapai target program penanggulangan tuberkulosis secara nasional yaitu eliminasi pada 2035 dan Indonesia bebas Tuberkulosis pada 2050.

Untuk itu, bupati mengharapkan di dalam pembahasan lebih lanjut agar diatur secara rinci dari setiap strategi dan upaya penanggulangan tuberkulosis oleh setiap perangkat daerah dan mjasyarakat dalam hal tanggungjawab teknis pelaksanaan.

Selain itu, raperda iuni agar dikonsultasikan secara komprehensif dan subtantif kepada Pemprov Jateng agar raperda ini benar-benar dapat disusun sesuai kaidah, norma, dan kewenangan serta menjadi payung hukum yang efektif di Kabupaten Pekalongan. "Berdasarkan pencermatan kami, raperda ini masih mengadopsi secara penuh peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi," kata bupati. (ii)

 

 

 

HUBUNGI KAMI

Sekretariat DPRD Kabupaten Pekalongan
Alamat Jl. Alun-alun Utara No.2
Kajen
Jawa Tengah
Kode Pos 51161
Indonesia
Telp : 0285-381928

: