Kegiatan Dewan

Pasar Desa Perlu Dibranding

KAJEN - Anggota Komisi D DPRD Kabupaten Pekalongan, Edi Abdul Jabar menilai keberadaan pasar desa perlu dibranding atau diperkenalkan secara luas kepada masyarakat. Sebab pasar desa merupakan pusat kegiatan ekonomi di tingkat desa yang manfaatnya besar untuk peningkatan ekonomi warga di desa masing-masing.

Hal demikian disampaikan dalam sebuah rapat di ruang rapat pimpinan DPRD Kabupaten Pekalongan. Politisi Partai Demokrat asal daerah pemilihan Kecamatan Wiradesa, Siwalan, Tirto dan Wonokerto itu menyebutkan, ada sebuah pasar di daerah Kecamatan Tirto yang kondisinya saat ini memperhatikan.

 

Menurut dia, keberadaan pasar desa tersebut perlu disentuh dan diperhatikan supaya kegiatan ekonomi di sana menggeliat kembali."Ada pasar desa di Tiroto yang kondisinya wala mutu, wala yahya. Ini harus diperhatikan agar bisa menjadi pusat kegiatan ekonomi desa dan menjadi salah satu pendongkrak peningkatan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Untuk itu, pada kesempatan rapat audiensi dengan Komisi VIII DPR RI, di DPRD Kabupaten Pekalongan, pihaknya menyampaikan persoalan branding pasar desa dan keberadaannya supaya bisa menjadi perhatian pemerintah.

Pada kesempatan tersebut, pihaknya juga menyampaikan mengenai perlunya mengalokasikan bantuan sosial bagi masyarakat yang berada di kawasan pesisir Kabupaten Pekalongan sebagai bentuk kepedulian pemerintah kepada warganya yang terkena atau terdampak luapan air laut. Hal demikian penting guna meringankan beban masyarakat.

Berkaitan dengan bantuan sosial untuk masyarakat terdampak luapan air laut atau rob, Anggota Komisi D DPRD Kabupaten Pekalongan lainnya, Samsul Bachri menyatakan, sebenarnya secara aturan yang ada, bantuan sosial bisa dialokasikan kepada masyarakat terdampak banjir rob. Namun, berdasarkan analisasinya, belum maksimalnya bantuan sosial kepada masyarakat terdampak banjir rob, karena mungkin ada kekhawatiran persoalan hukum dan kehatian-hatian dari aparatur pemerintah. Padahal, kata dia, secara aturan itu diperbolehkan. (i)

 

 

 

HUBUNGI KAMI

Sekretariat DPRD Kabupaten Pekalongan
Alamat Jl. Alun-alun Utara No.2
Kajen
Jawa Tengah
Kode Pos 51161
Indonesia
Telp : 0285-381928

: