Kegiatan Dewan

UKM Perluas Pemasaran Melalui Internet

Usaha Kecil Menengah (UKM) dan home industri (industri rumahan) adalah merupakan sektor ekonomi yang sangat diperhitungkan di Indonesia. Dalam era ekonomi global saat ini, UKM maupun industri rumahan di tuntut untuk melakukan perubahan guna meningkatkan daya saingnya.

Selain Peningkatan kualitas produksi, perluasan pemasaran juga menjadi faktor yang wajib diperhatikan oleh pelaku UKM dan industri rumahan. Untuk memperluas area pemasaran, peningkatan promosi mutlak diperluakan. Misalnya dengan menjalin kerjasama dengan distributor, komunitas dan lembaga maupun instansi lainnya, aktif mengikuti pameran dan bazar. Dan yang tidak kalah efektifnya dalam pemasaran adalah dengan sering mempromosikan produknya di media, baik cetak maupun elektronik.

Untuk promosi melalui media cetak maupun elektronik, bisa memilih dengan target pasar dan biaya promosi yang sesuai. Sehingga kegiatan promosi tersebut bisa lebih efektif.

Media lain yang saat ini berkembang pesat adalah media Internet, ini bisa menjadi salah satu pertimbangan untuk melakukan promosi. Internet dapat digunakan sebagai media komunikasi dengan berbagai pihak. Misalnya di sini antara UKM di bidang peternakan ayam, pemiliknya bisa menggunakan e-mail kepada supplier pakan ternaknya misalnya untuk order atau sebaliknya pihak supplier yang melakukan komunikasi dan melakukan penawaran dengan UKM.

Selain email, banyak fasilitas Internet lainnya yang bisa digunakan sebagai media promosi. Misalnya dengan memajang produknya di website atau Blog gratisan, dengan mengikuti forum-forum yang ada di internet, melalui social media, pasang iklan di web iklan. Dan masih banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan pemasaran melalui internet.

Fungsi lain dari internet yang tidak kalah pentingnya adalah untuk melakukan riset dan perbandingan. UKM harus memanfaatkan internet untuk riset agar bisa mengetahui seberapa jauh keunggulan produknya dibanding produk sejenis lain yang sudah ada. Fungsi riset di sini juga bisa digunakan untuk mengetahui seberapa banyak yang mencari produk kita melalui internet, dan seberapa tinggi tingkat persaingannya. Sehingga bisa menjadi pertimbangan dalam melakukan promosi.

HUBUNGI KAMI

Sekretariat DPRD Kabupaten Pekalongan
Alamat Jl. Alun-alun Utara No.2
Kajen
Jawa Tengah
Kode Pos 51161
Indonesia
Telp : 0285-381928

: