Kegiatan Dewan

Bapem Perda Bahas Naskah Akademik Raperda Kerja Sama Desa

 

 


Bapem Perda Bahas Naskah Akademik Raperda Kerja Sama Desa

KAJEN - Badan Pembuat Peraturan Daerah (Bapem Peda) DPRD Kabupaten Pekalongan bersama sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) dan tim penyusun naskah akademik rancangan peraturan daerah (Raperda) tentang Kerjasama Desa membahas naskah raperda tersebut.

Pembahasan dilaksanakan di ruang rapat Komisi C DPRD Kabupaten Pekalongan, Rabu (22/3). "Rapat ini merupakan kali ketiga dari rapat serupa membahas tentang naskah akademik Raperda tentang Kerja sama Desa," kata Ketua Bapem Perda DPRD Kabupaten Pekalongan, Dodiek Prasetyo.



Dalam rapat pembahasan tersebut sejumlah poin penting seperti tentang ruang lingkup perda dan bentuk kerja sama desa dan kerja sama antardesa sempat terjadi perdebatan panjang antara tim penyusun, perwakilan eksekutif dan Anggota Bapem Perda.

Seperti sikap kritis yang ditunjukkan Anggota Bapem Perda, Azizurahman atau akrab disapa Maman dari Fraksi PKB mempertanyakan, mengenai siapa yang berwenang menentukan kondisi darurat dalam kasus kerjasama desa atau kerja sama antardesa dalam draf naskah akademik raperda tersebut.

Selanjutnya, berkaitan dengan kerja sama antardesa dan kerja sama antar desa yang melibatkan dengan pihak ketiga. Bagaimana mekanisme dan ruang lingkup kewenangan seperti apa perlu diperjelas lebih lanjut.

Pasalnya, di sejumlah desa di Kabupaten Pekalongan terdapat potensi wisata alam, dimana hal itu bisa mendatangkan investor. "Ketika melibatkan pihak ketiga (investor,red) aturan detilnya bagaimana. Ruang lingkup bagaimana?, terus siapa yang melaksanakan kerja sama tersebut," ucapnya.

Kemudian, masih dalam ruang lingkup Raperda ini, dari perwakilan Bagian Hukum Setda Kabupaten Pekalongan, Suci Mahardika mempertanyakan, pejabat yang memiliki kewenangan dalam kerja sama antardesa lintas daerah apakah cukup pada tingkatan camat saja atau bupati? Sebab hal demikian memiliki konsekuensi yang berbeda.

Anggota Tim penyusun draf Naskah Akademik Raperda tentang Kerja Sama Desa, Ulum menyatakan, raperda yang pernah dibuat timnya yaitu tentang kerja sama antardesa dalam satu daerah.

"Masukan dari peserta rapat tentu kami perlukan untuk penyempurnaan draf naskah akademik raperda ini," kata dia. (ii)

 

 

 

HUBUNGI KAMI

Sekretariat DPRD Kabupaten Pekalongan
Alamat Jl. Alun-alun Utara No.2
Kajen
Jawa Tengah
Kode Pos 51161
Indonesia
Telp : 0285-381928

: