Kegiatan Dewan

Anggota DPRD Minta Penanganan Orang Gangguan Jiwa Lebih Manusiawai

KAJEN - Anggota DPRD Kabupaten Pekalongan yang tergabung dalam Komisi B, Abdul Azizu Rochman meminta agar penanganan orang terkena gangguan jiwa atau orang gila (orgil) supaya lebih manusiawi. Untuk itu, pemerintah daerah, kata politisi muda PKB tersebut wajib hadir untuk memberikan penanganan kepada warga yang kurang beruntung itu.

“Saya juga minta agar warga dapat memberikan informasi terkait keberadaan orang yang sedang dalam gangguan jiwa atau stress berat untuk dilaporkan ke pihak instansi terkait supaya bisa tertangani secara manusiawi,” katanya.



Ketua Fraksi PKB yang akrab di sapa Maman menyatakan, bahwa mereka yang mengalami gangguan jiwa berhak mendapatkan perawatan layak. Sehingga tidak sampai mendapatkan perlakuan yang tidak manusiawi.

“Jangan sampai ada warga yang mengalami stress berat mau pun gangguan jiwa mendapat perlakuan yang tidak manusiawi, seperti dikurung mau pun dipasung,” ujarnya.

Kepada warga yang mempunyai keluarga mau pun menemukan mereka yang memiliki gangguan jiwa, dapat melaporkannya kepada Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) untuk penanganan di lapangan. Selanjutnya akan diserahkan kepada pihak Dinas Kesehatan, dan rekomendasi selanjutnya kepada Dinas Sosial untuk meneruskan perawatan rehabilitasi di Rumah Sakit Jiwa.

Ketiga instansi ini lanjut Maman, saling memiliki keterkaitan dalam penanganan warga yang mengalami gangguan jiwa agar mereka mendapatkan perawatan serta rehabilitasi di tempat layak dan semestinya.

“Warga jangan khawatir masalah biaya. Anggaran akan diupayakan melalui jaminan kesehatan daerah, dan jika sudah sembuh, maka yang bersangkutan akan dikembalikan kepada para keluarganya. Setiap warga yang tidak mempunyai dana dan akan mendapatkan perawatan, pihak Pemerintah Kabupaten Pekalongan, akan memberikan solusi yaitu dengan dibuatkan Jamkesdan,” paparnya.

 

 

 

HUBUNGI KAMI

Sekretariat DPRD Kabupaten Pekalongan
Alamat Jl. Alun-alun Utara No.2
Kajen
Jawa Tengah
Kode Pos 51161
Indonesia
Telp : 0285-381928

: