Kegiatan Dewan

Audiensi dengan Komisi C DPRD Kabupaten Pekalongan Warga Terdampak Pembangunan Tol Sampaikan Permintaan Kompensasi

KAJEN -  Warga, perangkat dan kepala Desa Duwet, Kecamatan Bojong, kemarin mendatangi kantor DPRD Kabupaten Pekalongan untuk mengadukan permasalahan yang muncul akibat pembangunan jalan tol di wilayah desa tersebut. Rombongan dari Desa Duwet, Kecamatan Bojong diterima langsung oleh Sekretaris Komisi C DPRD Kabupaten Pekalongan, Abdul Munir dan beberapa Anggota Komisi C, seperti Edi Sutrisno, Catur Andriansah, Edi Setyawan dan Aksin Purwoko.

Warga meminta kepada perusahaan pelaksana proyek jalan tol memberikan konpensasi akibat dampak lingkungan yang muncul dari pelaksanaan pembangunan proyek nasional tersebut, seperti jalan berdebu, di mana hal menyebabkan dagangan warung makan mengalami penurunan omzet penjualan. Serta banyak pengendara sepeda motor mengalami kecelakaan lantaran jalan licin ketika hujan.



Ketua BPD Duwet, Kismani mengatakan, atas persoalan yang muncul dari pelaksanaan pembangunan jalan tol, BPD Duwet meminta kepada Komisi C DPRD untuk memfasilitasi keluhan warga desa duwet terkait dampak negatif adanya galian C dan dampak truck pengangkut tanah terhadap warga desa duwet.

Kepala Dinas PU dan Tata Ruang Kabupaten Pekalongan, Bambang Pramukamto, yang dihadirkan dalam rapat auidiensi tersebut mengatakan, mestinya pelaksanaan pembangunan jalan tol kalau memang niat menghentikan debu, airnya jangan sedikit

“Kesepakatan yang ada, apabila truk tidak menutup baknya dengan terpal maka dipersilahkan polisi untuk menilangnya,” katanya.

Sekretaris Komisi C Abdul Munir menandaskan, persoalan dampak buruk yang muncul akibat pembangunan jalan tol terutama angkutan truk tanah yang melintas di jalan kabupaten untuk segera dicarikan penanganannya. Jangan sampai, kata dia, masyarakat turun ke jalan, sehingga bisa menimbulkan anarkis.

Sementara itu, Humas dari PT PBTR, Sriyoto mengatakan, berkaitan truk yang harus ditutup terpal ketika mengangkut tanah, hal itu sudah dilaksanakan. Namun, lanjut dia, berkaitan permintaan konpensasi, perusahaan belum bisa memberikan jawaban. (ii)

 

 

 

HUBUNGI KAMI

Sekretariat DPRD Kabupaten Pekalongan
Alamat Jl. Alun-alun Utara No.2
Kajen
Jawa Tengah
Kode Pos 51161
Indonesia
Telp : 0285-381928

: