Kegiatan Dewan

Komisi B Soroti Sumbangsih Pendapatan Toko Modern Berjejaring ke Daerah

KAJEN - Komisi B DPRD Kabupaten Pekalongan menyoroti sumbangsih toko modern berjejaring yang ada di Kota Santri untuk pendapatan daerah seberapa besar.

Guna mengetahui persoalan tersebut, Komisi B DPRD Kabupaten Pekalongan melakukan kunjungan kerja ke Dinas Penanaman Modal Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Atap dan Tenaga Kerja



Anggota Komisi B DPRD Kabupaten Pekalongan, Sabdo menyatakan, keberadaan toko modern berjejaring seperti indomart dan alfamart sudah menjamur di wilayah Kota Santri dengan banyaknya toko modern secara sumbangsih atau potensi pendapatan daerah jumlah sampai barapa?

"Kami ingin tahu potensi pendapatan dengan maraknya toko moderen berjejaring karena kami tahu persis potensi pendapatan itu," katanya, Selasa (11/4).

Anggota Komisi B DPRD lainnya, Abdul Azizu Rochman menambahkan, toko modern seperti Indomart dan Alfamfart sifatnya multinasional. Ini perlu ditekankan lagi bagaimana sumbangsih pendapatan daerah. Memang, lanjut dia, keberadaan toko moderen berjejaring memunculkan lapangan kerja, tapi bukan orang lokal Kabupaten Pekalongan, mestinya diutamakan warga lokal terlebih dulu.

"Patuh terhadap aturan tentang jarak yang tercamtum dalam perda yaitu 1000 meter dari pasar tradisional harus ditaati," tandas dia.

Pasalnya, berdasarkan informasi yang masuk, sejumlah toko modern dalam beroperasi di wilayah Kota Santri terlebih dulu membuka toko, kemudian memproses izinnya. "Sampai saat ini kita belum ada pembatasan toko modern. Nanti kita berencana mengusulkan raperda inisiatif," ucapnya.

Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Pekalongan Saiful Bahri, mengatakan, tujuan kunjungan kerja ini untuk mengetahui potensi pendapatan dan soal pelayanan perizinan serta capain target.

Sekretaris Dinas Penanaman Modal Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Atap dan Tenaga Kerja Kabupaten Pekalongan,
Aditomo memaparkan untuk anggaran 17 belanja tak langsung di dinasnya Rp 4,3 m lebih
Belanja langsung Rp enam miliar.

Berkaitan pelayanan perizinan, pihaknya mengaku siap melakukan percepatan perizinan karena kami bersentuhan lansung dengan masyarakat.

Adapun potensi pendapatan dari sektor toko modern itu dari IMB dan HO. Itu hanya sekali saja. Kemudian mengenai jumlah untuk IMB berkisar Rp 2,5 - Rp 3 juta, sedangkan HO berkisar Rp 300-an.(i)

 

 

 

HUBUNGI KAMI

Sekretariat DPRD Kabupaten Pekalongan
Alamat Jl. Alun-alun Utara No.2
Kajen
Jawa Tengah
Kode Pos 51161
Indonesia
Telp : 0285-381928

: