Kegiatan Dewan

Ketua DPRD Kabupaten Pekalongan, Hj Hindun Tampung Keluhan Warga Soal Sungai Sangkrang

 

KAJEN - Masyarakat Kelurahan Mayangan, Kecamatan Wiradesa, Kabupaten Pekalongan, mengeluhkan kondisi Sungai Sangkrang di desa itu. Pasalnya, sungai yang berada di  tengah perkampungan ini dipenuhi dengan tanaman enceng gondok, rumput, dan sampah serta memunculkan bau tak sedap.

Keluhan itu disampaikan warga Kelurahan Mayangan, Wiradesa di hadapan Ketua DPRD Kabupaten Pekalongan, Hindu ketika meninjau langsung ke lokasi, Rabu (12/4).



Selain mengeluhkan kondisi sungai, warga juga menyampaikan ari sungai berwarna kehitaman.
Bahkan, jika hujan deras turun dalam waktu lama, aliran air sungai itu  meluap dan menyebabkan pemukiman warga di sekitarnya tergenang.Oleh karena itu, warga setempat meminta bantuan Ketua DPRD Kabupaten Pekalongan, Hindun, agar membantu kegiatan normalisasi aliran sungai.

Ketua DPRD Kabupaten Pekalongan, Hj Hindun, menyatakan, kondisi Sungai Sangkrang memang memprihatinkan. Aliran sungai itu ditutupi tanaman enceng gondok, rumput, dan sampah. Kondisi itu sudah berlangsung lama, sehingga air tidak mengalir dengan baik. Akibatnya, sampah pun menumpuk dan menebarkan bau tidak sedap.

Dikatakan, masyarakat meminta bantuan agar sungai itu dinormalisasi, sehingga air mengalir dengan baik.
"Namun, jika sungai ini dikeruk akan menjadi persoalan baru, sebab air rob bisa masuk ke selatan. Normalisasinya dengan pembersihan tanaman enceng gondok, rumput, dan sampah yang menutupi sungai itu. Saya akan meminta kepada DPU untuk membersihkan. Kita targetkan secepatnya dilakukan. Tanggal 15 nanti harapan kita sungai sudah bersih, air bisa mengalir, dan tidak bau," paparnya.

Dewi (32), warga setempat, mengakui kondisi aliran sungai yang dipenuhi tanaman enceng gondok dan sampah itu sudah berlangsung lama. Menurutnya, pemerintah kelurahan setempat sudah kerap melakukan kerja bakti untuk membersihkan tanaman enceng gondok yang menutupi aliran sungai itu. Namun, tidak lama setelah dibersihkan, tanaman itu muncul kembali. "Sudah sering juga dibersihkan warga, namun muncul terus. Kondisi sungai seperti itu jika hujan deras, sungai meluap hingga rumah di sekitar sungai banjir," keluhnya. (i)

 

 

 

HUBUNGI KAMI

Sekretariat DPRD Kabupaten Pekalongan
Alamat Jl. Alun-alun Utara No.2
Kajen
Jawa Tengah
Kode Pos 51161
Indonesia
Telp : 0285-381928

: