Kegiatan Dewan

Raperda Inisiatif DPRD Tentang Kerja Sama Desa Dihearingkan

KAJEN - Raperda inisiatif DPRD tentang Kerja Sama Desa yang menjadi dasar untuk pengembangan potensi desa, Kamis (13/4) dihearingkan atau dikonsultasipublikan. Acara itu diadakan di ruang rapat paripurna DPRD Kabupaten Pekalongan.

Ketua DPRD Kabupaten Pekalongan, Hindun menyatakan, maksud dan tujuan diadakannya publik hearing ini untuk mendapatkan masukan saran dan pandangan dari para pemangku kepentingan agar raperda inisiatif tentang kerja sama desa sesuai kebutuhan masyarakat untuk menjadi pedoman peyelenggaraan dan mengembangkan potensi desa.



"Raperda inisiatif ini disusun dalam rangka mempercepat pelaksanaan pembangunan, pemberdayaan desa. Dengan begitu, desa bisa bekerja sama dengan pihak ketiga," jelasnya.

Pasalnya, saat ini desa dituntut untuk memiliki daya saing dalam rangka meraih kesejahteraan masyarakat. "Ada PP nomor 6 tentang desa yang menyatakan kerja sama desa dengan pihak lain diperlukan dalam rangka mengeloh potensi desa," katanya.

Karenanya, sebagai langkah  untuk memberikan landasan regulasi, DPRD Kabupaten Pekalongan memiliki inisiatif menyusun raperda tentang kerja sama desa agar desa memiliki landasan hukum dalam menjalin kerja sama dengan pihak lain.

Raperda ini, lanjut politisi perempuan asal PKB tersebut adalah raperda inisiatif yang sudah ditetapkan dalam Bapemperda 2017. Penyusunan raperda ini sebagai wujud nyata pelaksanaan tugas dan fungsi pokok DPRD, selain melaksanakan tugas dan fungsi lainnya yaitu pengawasan dan penganggaran.

Dalam acara itu sejumlah pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Pekalongan hadir serta perwakilan paguyuban kepala desa dan utusan organisasi perangkat daerah. (i)

 

 

 

HUBUNGI KAMI

Sekretariat DPRD Kabupaten Pekalongan
Alamat Jl. Alun-alun Utara No.2
Kajen
Jawa Tengah
Kode Pos 51161
Indonesia
Telp : 0285-381928

: