Kegiatan Dewan

Anggota DPRD Dorong Langkah Pencegahan Penanggulangan HIV AIDS Harus Terintergrasi

KAJEN - Penanggulangan HIV AIDS di Kabupaten Pekalongan harus terintegrasi. Langkah penanggulangan dan pencegahan tidak bisa dilakukan oleh satu organsiasi perangkat daerah, hal demikian harus lintas OPD.

Anggota DPRD Kabupaten Pekalongan, Abdul Azizu Rochman usai mengikuti uji publik atau hearing Raperda Inisiatif DPRD tentang Penanggulangan HIV AIDS di ruang sidang paripurna DPRD menyatakan, langkah pencegahan merupakan sesuai yang harus diutamakan dari pada penanggulangan.



Pasalnnya, di dalam langkah pencegahan tersebut terdapat langkah-langkah atau perbuatan yang menyebabkan tersebarnya penyakit tersebut, seperti prostitusi, penggunaan narkoba, pergaulan bebas dan warung remang-remang yang melakukan praktik prostitusi.

"Semua perbuatan yang bisa menyebabkan tertularnya penyakit HIV AIDS meski harus diutamakan dalam langkah penanggulangan di dalam raperda tersebut. Ini penting untuk dilakukan agar penyebaran penyakit berbahaya itu bisa diatasi," kata dia.

Kemudian, lanjut politisi muda PKB asal Wonopringgo itu, apabila hal demikian telah disepakati terutama langkah pencegahannya, maka yang terlibat dalam persoalan ini tidak hanya satu dinas saja, melainkan lintas dinas. Seperti Dinas Kesehatan, Dinas Sosial dan penegak perda dalam hal ini Satpol PP.

Menurutnya, konsistensi adalah satu kunci keberhasilan dari apa yang telah disusun dalam penanganan pencegahan atau penaggulangan penyakit HIV AIDS di Kabupaten Pekalongan. Tanpa konsistensi, lanjut dia, mustahil program penanggulangan dan pencegahan bisa berhasil. "Salah satu contoh, penutupan lokalisasi kebunsuwung itu harus konsisten, kalau ditutup ya ditutup. Jangan sampai ada lagi praktik liar di sana, karena hal itu bisa menjadi sarana penularan HIV AIDS," tandas dia.

Dia menyampaikan, yang masih menjadi pembahasan serius dari kalangan DPRD dan eksekutif adalah mengenai kewajiban calon pengantin mengikuti tes kesehatan. Kemudian, lanjut dia, ketika dalam pelaksanaan pemeriksaan kesehatan dari kedua calon mempelai, salah satunya terindikasi atau ditemukan berisiko tinggi mengidap HIV AIDS tersebut, instansi yang berwenang mengeluarkan status tersebut siapa? "Masalah itu nanti akan dibahas lebih mendetail dalam Pansus Raperda tersebut. Saat ini Pansus belum terbentuk," ucapnya. (i)

 

 

 

HUBUNGI KAMI

Sekretariat DPRD Kabupaten Pekalongan
Alamat Jl. Alun-alun Utara No.2
Kajen
Jawa Tengah
Kode Pos 51161
Indonesia
Telp : 0285-381928

: