Kegiatan Dewan

Tingkatkan Minat Baca, Program Perpus Keliling Perlu Digenjot

 

KAJEN - Fraksi PKB Kabupaten Pekalongan menilai program puskesmas keliling belum berjalan maksimal serta belum menyentuh ke pelosok desa. Hal ini menjadi salah satu persoalan tersendiri mengenai penyelenggaraan perpustakaaan.

"Fraksi PKB mengapresiasi yang tinggi kepada pemerintah terhadap raperda ini,. Dimana nantinya akan menjadi payung hukum untuk kemajuan perpustakaan Kabupaten Pekalongan," kata Ketua Fraksi PKB Abdul Azizu Rochman dalam rapat paripurna dengan agenda pandangan umum Fraksi DPRD terhadap empat raperda yang diajukan pemerintah daerah, Senin (15/5).



Meski mendukung langkah pemerintah, FPKB mengkritisi masih minimnya koleksi buku di sekolah, perpustakaan umum, kampus sehingga memerlukan dukungan dana, tenaga dan fasilitas perpustakaan yang belum standar.

Apresiasi positif juga disampaikan oleh Fraksi PAN. Menurutnya, juru bicara Fraksi PAN yang membacakan pandangan umum dari fraksi tersebut, Abdul Haris, persoalan administrasi keanggotaan perpusatakaan diharapkan dipermudah sebagai langkah untuk mempercepat proses peminjaman buku.

Misalnya, ketika masyarakat ingin meminjam buku cukup dengan menunjukkan kartu identitas berupan KTP, adapun bagi pelajar atau mahasiswa hanya menunjukkan kartu pelajar dan mahasiswa. Untuk itu, dibutuhkan sebuah sistem yang terintergrasi sehingga mempermudah dalam proses administrasi peminjaman buku. Dengan begitu, minat baca masyarakat yang sudah ada tidak terkendala oleh persoalan administratif.

"Raperda ini juga harus bisa meningkatkan kualitas perpustakaan lokal serta menjamin pengelolaan dan pengembangan yang bergerak dinamis," tanya dia, meminta penjelasan kepada pemerintah daerah selaku pengusul raperda tentang penyelenggaraan perpustakaan ini.

Sementara itu, juru bicara Fraksi PDI Perjuangan, Endang Suwarningsih menyebutkan, berdasarkan data Unesco minat baca masyarakat Indonesia cukup memperihatinkan hanya sekitar 0,001 persen dari 1000 orang.

Data berbeda, lanjut dia, juga disampaikannya dalam rapat paripurna pandangan umum fraksi-fraksi atas empat raperda itu, yaitu hasil penelitian dari Most Littered Nation In The World yang dilakukan oleh Central Connecticut State Univesity yang dilakukan pada Maret 2016, Indonesia dinyatakan menduduki peringkat ke 60 dari 61 negara soal minat baca.

Menurut dia, perpustakaan yang ada di Kabupaten Pekalongan dari aspek infrastruktur dinilainya sudah cukup, namun ia menyebutkan, masih kurang keseriusan dalam tata kelola serta dalam melakukan stimulusisasi untuk meningkatkan minat baca di masyarakat.

Dengan adanya raperda tentang penyelenggaraan perpustakaan merupakan salah satu konstribusi dalam meningkatkan minat baca di masyarakat. Namun, lanjut dia, yang disampaika

 

 

 

HUBUNGI KAMI

Sekretariat DPRD Kabupaten Pekalongan
Alamat Jl. Alun-alun Utara No.2
Kajen
Jawa Tengah
Kode Pos 51161
Indonesia
Telp : 0285-381928

: