Kegiatan Dewan

Layanan Kesehatan di Puskesmas Dikeluhkan Warga, Komisi D Turung Gunung

 

KAJEN - Pelayanan persalinan di puskesmas dikeluhkan oleh warga. Guna mengetahui persoalan sebenarnya, pimpinan dan Anggota Komisi D DPRD Kabupaten Pekalongan turun gunung dengan melakukan kunjungan kerja ke Puskesmas Talun, Selasa (16/
 
Di hadapan jajaran Puskesmas Talun, Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Pekalongan, Kholis Jazuli menyatakan, kunjungan kerja ke Puskesmas ini lantaran DPRD mendapatkan laporan dan aduan dari masyarakat terkait pelayanan persalinan dan memantau tentang kondisi pelayanan kesehatan secara umum di puskesmas.
 
"Kebetulan DPRD saat ini sedang menyusun raperda inisiatif DPRD tentang penanggulangan HIV AIDS, raperda ini sudah diujipublikkan," katanya.
 
Setelah mendengar masukan dan keterangan dari petugas dan pimpinan Puskesmas kepada Ketua dan anggota Komisi D Kabupaten Pekalongan, Kholis Jazuli menyayangkan, kenapa Puskesmas Talun sudah berstatus Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) tapi belum memiliki dokter gigi. Adapun mengenai gedung, diharapkan hal demikian bisa diusulkan ke pemerintah.
 
Sekretaris Komisi C DPRD Kabupaten Pekalongan, M Nukholis menyatakan, guna menekan angka kematian ibu melahirkan dan anak baru lahir, pemerintah harus menyosialisasikan mengenai program pemerintah soal persalinan.
 
"Bidan desa harus dimaksimalkan untuk menyosialisasikan mengenai permasalahan persalinan kepada masyarakat di pelosok desa. Saya minta juga pelayanan kesehatan di puskesmas terutama mengenai persalinan ditingkatkan," katanya.
 
Sementara itu, Kepala Puskesmas Talun Arief Prawira menjelaskan, di tahun 2016 di wilayah kerjanya terdapat ibu hamil meninggal dunia sebanyak delapan orang, bayi satu orang. Adapun di tahun 2017 nol persen.
 
Dia menerangkan, sebagai langkah peningkatan pelayanan kesehatan, Puskesmas Talun telah menerapkan beberapa program, di antaranya membuka pelayanan 24 jam, membuka kelas ibu hamil. Dimana kunjungan kepada ibu hamil dilakukan tidak hanya ketika hamil saja, tapi juga pascapersalinan. "Peningkatan SDM dengan mengirimkan petugas ke beberapa pelatihan," katanya.
 

Dalam dialog antara Komisi D DPRD Kabupaten Pekalongan dan Puskesmas Talun terungkap terdapat dua orang pasien yang terdeteksi positif HIV AIDS. "Informasinya ada dua orang positif HIV AIDS, satu orang telah meninggal dan satunya masih aktif melakukan konseling," ungkap Nurkholis. (i)

 

 

 

 

HUBUNGI KAMI

Sekretariat DPRD Kabupaten Pekalongan
Alamat Jl. Alun-alun Utara No.2
Kajen
Jawa Tengah
Kode Pos 51161
Indonesia
Telp : 0285-381928

: