Jalankan Tugas dan Pokok Fungsi Perlu Masukan dari Unsur Masyarakat

KAJEN – Ketua DPRD Kabupaten Pekalongan, Hindun pada kesempatan silaturahmi dengan para awak media di Kota Santri tersebut menyatakan, secara tugas pokok dan fungsi, DPRD memiliki fungsi pengawasan, legislasi dan penyusunan anggaran.

Dalam menjalankan tugas pokok fungsi, kata dia, tentu dibutuhkan sinergitas dan kerja sama apik dengan semua pemangku kepentingan dan unsur masyarakat. Salah satunya adalah PWI Kabupaten Pekalongan. “Masukan dan informasi serta saran kritik tentu kami terbuka menerimanya. Kami juga membuka pintu komunikasi selebar-lebarnya untuk kepentingan pembangunan Kabupaten Pekalongan ke arah yang lebih baik,” tandas dia.

Sementara itu, Wakil Ketua PWI Kabupaten Pekalongan mengatakan, uji Kompetensi Wartawan (UKW) bagi seorang pelaku jurnalistik merupakan sesuatu yang penting. Sebab hal demikian menjadi salah satu upaya peningkatan sumber daya manusia para pelaku insan pers yang bertugas di wilayah Kabupaten Pekalongan.

Menurutnya, PWI Kabupaten Pekalongan secara kelembagaan baru berdiri pada 27 Desember 2017. Meski secara personel sudah saling mengenal dengan para pemangku kebijakan di Kota Santri, namun secara kelembagaan PWI adalah sesuatu yang baru. Untuk itu dibutuhkan komunikasi lebih instensif supaya saling mengenal.

Berkaitan dengan uji kompetensi wartawan, hal demikian memang penting bagi semua pihak tidak hanya bagi pelaku insan pers saja. Sebab, apabila di Kabupaten Pekalongan pelaku jurnalistiknya telah dinyatakan kompeten dan lulus dalam uji kompetensi wartawan, maka yang diuntungkan adalah pemerintah daerah dan mitra kerja lainya. Sebab wartawannya telah berkompeten.

Beberapa daerah yang telah mengadakan uji kompetensi wartawan yang difasilitasi pemerintah daerah, di antaranya Kota Pekalongan. “Di Kota Pekalongan pada Maret 2018 lalu telah sukses menyelenggarakan UKW dengan diikuti sebanyak 20 wartawan. Pelaksanaanya difasilitasi oleh Pemkot. Kami berharap di Kabupaten Pekalongan, pemerintah daerahnya juga bisa memfasilitasi pelaksanaan UKW, sehingga harapannya para insans pers di Kabupaten Pekalongan dinyatakan kompeten. Apabila itu wartawannya kompeten, tentu yang diuntungkan adalah pemerintah daerah dan semua mitra kerja,” jelasnya.(i)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *