Nihil, Tanggapan Masyarakat Soal DCS Pileg 2019

KAJEN – KPU Kabupaten Pekalongan hingga pukul 14.00, Senin 20 Agustus 2018 belum menerima tanggapan dari masyarakat sehubungan dengan pengumuman daftar calon sementara (DCS) Pemilu Legislatif 2019 yang dilakukan oleh penyelenggara pemilu tersebut.
Ketua KPU Kabupaten Pekalongan, Mudasir di sela-sela menerima kunjungan dari Kepala Perwakilan Suara Merdeka Pekalongan, Teguh Merchat di ruang kerjanya, Senin (20/8) menyampaikan, hingga saat ini, KPU belum menerima satu pun tanggapan soal daftar calon sementara yang telah diumumkan.
“Batas waktu pemberian tanggapan masyarakat berkaitan dengan DCS Pileg 2018 akan ditutup pada 21 Agustus 2018. Sesuai tahapan pemilu Anggota DPR DPRD Provinsi DPRD kabupaten kota jadwal masukan dan tanggapan masyarakat dimulai 12-21 Agustus 2018,” paparnya.
Apabila nanti terdapat tanggapan masyarakat sehubungan pengumuman DCS, maka tahapan selanjutnya adalah permintaan klarifikikasi kepada partai politik atas tanggapan masyarakat tersebut terhadap pengumuman DCS. Adapun jadwal yang telah ditetapkan pada 22-28 Agustus 2018. Penyampaian klasifikasi dari politik kepada KPU dijadwalkan 29-31 Agustus 2018.
“Pada 1-3 September adalah pemberitahuan pengganti DCS. Pengajuan pengganti bacaleg pada 4-10 September. Kemudian verifikasi pengganti DCS anggota DPR kabupaten/kota 11-13 September 2018. Selanjutnya penyusunan daftar calon tetap pada 14-20 September, penetapan DCT 20 September dan pengumuman DCT 21-23 Sept:ember 2018,” terang Mudasir.
Anggota KPU Kabupaten Pekalongan, M Ahsin Hana, menambahkan, pembangunan dalam proses pendaftaran hingga penyusunan DSC, pihaknya menerapkan prinsip kerja tertib administrasi dan tata aturan yang telah ditetapkan.
Dari awal masa pendaftaran, komunikasi kepada partai politik agar senantiasa melengkapi berkas atau dokumen yang dibutuhkan dalam proses pendaftaran bacaleg intensif dilakukan. Bahkan, ruang konsultasi diberikan seluas luasnya kepada partai politik berkaitan pendaftaran bacaleg Pemilu 2019.
“Kami memilih prinsip bersakit-sakit dahulu dalam proses pendaftaran bacaleg. Alhamdulillah tahapan pendaftaran bacaleg hingga pengumuman DCS berjalan lancar,” katanya. (ii)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *