Penting, Pencatatan Administrasi Perkawinan Oleh Negara

KAJEN – Pencatatan administrasi proses pekawinan sesuai dengan hukum negara dan sah secara hukum agama adalah sesuatu yang penting. Pasalnya, hal demikian berkaitan dengan salah satu cara melindungi hak-hak anak, salah satunya adalah waris.

Demikian disampaikan Bupati Pekalongan Asip Kholbihi, dalam sebuah kesempatan ketika mengisi acara di Desa Api-api, Kecamatan Wonokerto, baru-baru ini. Menurutnya, mengingat betapa pentingnya pencatatan administrasi proses perkawinan secarah hukum agama dan negara.

Pemerintah Kabupaten Pekalongan, kata dia, telah mengisbatkan kembali atau melaksanakan sidang istbat bagi 300 pasangan yang sudah terlanjur menikah sah secara hukum agama atau kerap disebut pasangan nikah siri, tapi belum diakui oleh negara.

Pelaksanaan sidang isbat bagi pasangan nikah siri, tandas bupati merupakan satu upaya untuk melindungi hak-hak anak, dimana dokumen pernikahan itu penting untuk proses pencatatan akta lahir, dimana hal dokumen itu penting untuk proses kedepan bagi sang anak. Misalnya untuk pendaftaran sekolah, berangkat haji dan proses waris.(i)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *