Peringati Tahun Baru Islam dengan Membatik di Atas Kain 1.500 Meter

KAJEN – Banyak cara dan kegiatan dilaksanakan untuk memeriahkan tahun baru Islam. Setiap daerah memiliki cara tersendiri untuk meramaikan tahun baru Islam ini. Warga Desa Bebel, Kecamatan Wiradesa punya cara tersendiri dalam memperingati tahun baru Islam.
Sebagaimana yang dilakukan warga Desa Bebel, Kecamatan Wonokerto, Kabupaten Pekalongan mengadakan kegiatan membatik masal di atas kain sepanjang 1.500 meter. Membatik atau menyolet (proses memberi warna pada kain putih) sengaja digelar oleh pemerintah desa dan Karangtaruna desa setempat untuk memeriahkan tahun baru Islam.
“Setiap rukun tetangga (RT) di desa kami diwajibkan mengeluarkan 20 perajin untuk membatik di atas lembaran kain putih sepanjang 1.500. Di desa kami terdapat 30 RT, sehingga total pembatik yang berpartisipasi dalam kegiatan itu kurang lebih sekitar 500-an pembatik,” kata Kepala Desa Bebel, Kecamatan Wonokerto, Andi Irawan, Jumat (14/9)
“Acara dimulai sekitar pukul 08.00, para perajin batik mulai membuat pola. Kemudian siang harinya melakukan proses menyolet (yakni proses mewarnai pola batik yang sudah dibuat). Jenis pola yang dihasilkan pun beragam. Ada yang membuat pola kupu-kupu, daun, hingga pola abstrak,” lanjut dia..
Menurut dia, kegiatan tersebut sengaja digelar untuk memberikan edukasi kepada masyarakat di desanya, bahwa di Desa Bebel memiliki potensi luar biasa, yaitu sumber daya pembatik yang cukup banyak. Tak hanya itu, event ini juga untuk mengingatkan kepada generasi muda di desa yang berlokasi di wilayah utara Kabupaten Pekalongan ini memiliki budaya batik, karenanya muncul motif batik pesisiran.
Ada tiga acara yang digelar dalam rangka memeriahkan tahun baru Islam, pertama pada 21 September arak-arakan gunungan hasil bumi, membatik massal, dan pergelaran wayang kulit. Pergelaran wayang diadakan pada 23 September. Adapun dalang dalam pegerlaran wayang tersebut dihadirkan dari Kesesi, Kecamatan Kesesi, Kabupaten Pekalongan. (i)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *