Sosialiasi Empat Pilar Kebangsaan, Masyarakat Diminta Waspadai Paham Radikal

KAJEN – Masyarakat di Desa Wonoyoso, Kecamatan Buaran diminta untuk mewaspadai paham radikal yang mengarah kepada tindakan terorisme. Hal itu disampaikan Anggota DPR RI dari Fraksi PKB Bisri Romly dalam kegiatan sosialiasi empat pilar kebangsaan yang meliputi Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, NKRI dan UUD 1945.

Kegiatan sosialisasi tersebut diadakan di aula MTs Salafiyah Wonoyoso dengan audiensi para guru, ustadz jajaran pengurus madrasah dan masyarakat di Desa Wonoyoso, Kecamatan Buaran, Kabupaten Pekalongan, Minggu (3/6).

Menurutnya, sebagai Anggota DPR/MPR RI, pihaknya memiliki tugas konstitusi yaitu menyosialisasikan empat pilar kebangsaan kepada masyarakat. “Saat ini banyak peristiwa terorisme yang terakhir adalah peristiwa bom bunuh diri di Surabaya. Untuk itu, untuk meningkatkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air terhadap NKRI, maka empat pilar ini terus disosialisasikan,” katanya.

Pada kesempatan itu, pihaknya juga melaporkan beberapa kinerjanya sebagai Anggota Komisi VIII DPR RI, di antaranya saat ini sedang menggodok rancangan undang-undagan pondok pesantren dan madrsah. Kemudian, beberapa usulan masyarakat, salah satunya yaitu usulan bantuan untuk madrasah salafiyah Wonoyoso saat ini sudah diproses oleh Kementerian Agama Republik Indonesia.

“Kami baru saja mendapatkan informasi bahwa usulan yayasan yang mengelola madrasah salafiyah ini akan mendapatkan bantuan dari Kankemenag. Nilainya sekitar Rp 150-180 juta,” katanya.

Sementara itu, narasumber dari kegiatan tersebut, Syafiq Nasqabandi seorang dosen Akademi Analis Kesehatan Pekalongan menyampaikan bahwa Indonesia adalah sebuah negara dari hasil jihad. Salah satu buktinya adalah tokoh pendiri NU yaitu KH Hasyim Asyhari pada massa perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia telah mengumandangkan resolusi jihad.

Dimana resolusi jihad tersebut menjadi cambuk penyemangat para santri dalam berperan aktif merebut kemerdekaan Indonesia dari tangan penjajah. (i)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *