Tata Kelola APBD Harus Dilaksanakan Secara Hati-hati

KAJEN – Bupati Asip Kholbihi menegaskan dalam mengelola APBD Kabupaten Pekalongan dilakukan secara hati-hati, transparan dan akuntable. Beberapa kasus kepala daerah yang terkena operasi tangkap tangan oleh lembaga antirasuah KPK, biasanya terjebak dalam tata kelola proyek pembangunan.
“Saya sudah tegaskan kepada para perangkat OPD di wilayah Pemkab Pekalongan, perusahaan dari titipan siapapun juga apabila tidak memenuhi syarat normatif untuk dicoret. Perusahaan yang tidak menang lelang, jangan sampai dijadikan pemenang. Dan terdapat uang yang bereda di sana, karena itu saya tegaskan agar OPD langsung mencoret saja perusahaan yang bermain semacam itu,” andas dia, dalam kegiatan buka bersama dengan pengurus PC NU Kabupaten Pekalongan, di Pendapa Rumah Dinas Bupati Pekalongan, Jumat (8/6) petang pukul 17.30.
Menurutnya, tahun pelaksanaan pembangunan di wilayah Kabupaten Pekalongan uang yang sudah digunakan sudah cukup besar. Dari APBD saja, sudah terkucur sebanyak Rp 450 miliar, sedangkan APBD Rp 500 miliar. Hal demikian membutuhkan tangga jawab yang besar dan dibutuhkan kehatian-kehatian dalam melakukan tata kelolanya.
“Pekan ini saja sudah ada tiga kepala daerah sudah berusan dengan KPK. Dua dari Jawa Tengah dan satu dari Jawa Timur,” katanya.
Dikatakan, berpolitik tentu tujuan utamanya adalah meraih kekuasaan secara konstitusional. Namun, dalam alam pemikiran PKB kekuasaan sifatnya hanya instrumen atau wasilah, bukan tujuan utama. Karena kekuasaan wasilah, maka kekuasaan digunakan untuk mengimplementasikan apa-apa yang menjadi tujuan mulia dari ideologi Islam Aswaja Alanahdliyah.
Sementara itu, tokoh masyarakat asal Buaran, Bisri Romly yang juga Anggota DPR RI dari Fraksi PKB mengatakan, melihat pemberitaan akhir-akhir ini terdapat sejumlah kepala daerah di Indonesia telah dikirim ke KPK.
“Semoga kepala daerah Kabupaten Pekalongan mendapatkan perlindungan dari Allah SWT dari persoalan tersebut. Hal itu bisa terjadi kalau Allah SWT menghendakinya. Untuk itu semua hadirin agar bisa turut mendoakan kepada Bupati Pekalongan agar bisa menjalankan tugasnya dengan baik dan terhindar dari permasalahan,” harapnya. (ii)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *