Pokok Pikiran DPRD Dipadukan Perencanaan Pembangunan Daerah

KAJEN – DPRD Kabupaten Pekalongan mengapresiasi upaya yang dilakukan pemerintah daerah dalam hal ini Bappeda yang telah berupaya memadukan pokok-pokok pikiran DPRD dan penyusunan rencana pembangunan daerah yang telah dilaksanakan dalam musrenbang ini. Demikian disampaikan Ketua DPRD Kabupaten Pekalongan, Hindun, di hadapan peserta Musrenbang tingkat kabupaten di Aula lantai 1 Setda Kabupaten Pekalongan, Senin (11/3).

Menurutnya, dalam sistem perencanaan pembangunan ada beberapa pendekatan antara lain, button up, top down, teknokratif, partisipatif, dan politik. ”Jika kelima pendekatan tersebut dilakukan dengan sistem perencanaan pembangunan tentu merupakan langkah yang tepat dan baik agar pembangunan yang dilaksanakan sesuai dengan harapan masyarakat,” jelasnya.

Dalam acara itu hadir sejumlah wakil rakyat di DPRD Kabupaten Pekalongan, seperti Wakil Ketua DPRD Kundarto, Ahmad Khozin, dan Anggota DPRD, Sofwan Sumadi, Rossi Ardiyanti serta Direktur Bank Jateng, Sulton.

Tugas Pokok

Sementara itu, Bupati Pekalongan Asip Kholbihi menyampaikan, dirinya masih mengingat betul dua setengah tahun lalu ketika dilantik sebagai bupati bersama wakil bupati Arini Harimurti, mendapatkan tugas pokok dari Gubernur Jawa Tengah yaitu pertama menurunkan angka kemiskinan, dan kedua mengatasi rob. ”Alhamdulillah angka kemiskinan pada 2016 sebesar 12,90 dua tahun setengah saya bersama bu Arini berhasil menurunkan menjadi 10,6. Semua berkat doa masyarakat Kabupaten Pekalongan dan semua pihak,” ujarnya.

Menurutnya, secara anatomi permasalahan di Kabupaten Pekalongan telah diketahuinya. Pertama adalah persoalan infastruktur dasar, pendidikan, dan kesehatan. Untuk infrastuktur dasar ditargetkan 2020 bisa teratasi. ”Dalam perencanaan pembangunan pun saya senantiasa menerapkan button up. Saya ini alhamdulillah ditokohkan di NU. Jadi, kerap mengisi pengajian mulai dari Maulid Nabi, rajaban, nuzulul quran, dan lainnya. Ketika pengajian saya kerap memberikan kesempatan masyarakat untuk usul soal pembangunan di daerahnya masing-masing, ” katanya.( Tim Setwan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *