Kegiatan Dewan

Rapat Paripurna Istimewa Peringatan Hari Jadi Diharapkan Tak Sekedar Seremoni

 

KAJEN - Ketua DPRD Kabupaten Pekalongan, Hindun mengharapkan rapat paripurna istimewa dalam rangka peringatan hari jadi ke-395 ini tak sekedar seremonial. Tapi sebagai ajang evaluasi diri.
 
"Kegiatan ini semoga tidak hanya seremonial, tapi ajang sebagai evaluasi diri. Sebab Maju dan tidaknya Kabupaten Pekalongan tergantung masyarakat, untuk itu kembangkan inovasi dan kreativitas untuk kemajuan Kabupaten Pekalongan," harapnya membuka rapat paripurna istimewa tersebut, di ruang sidang paripurna DPRD, Jumat (25/8).
 
Menurutnya, dengan berbagai kemajuan dan prestasi yang dirah, saat ini masih ada ketidaksempurnaan ap yang ada di tengah-tengah masyarakat. Untuk itu, DPRD mendorong dan mendukung pembangunan untuk kemajuan masyarakat.
 
Pada sektor UMKM perlu didorong agar lebih maju, sebab sektor ini banyak menyerap tenaga kerj. Selanjutnya,  wisata kuliner juga perlu ditingkatkan. Terutama mengenai makanan khas Kota Santri didorong lebih maju, suapay bisa menjadi ikon daerah. "Banyak ragam jajanan yang harus dilestarikan dan dipatenkann di antaranya kue apem Kesesi, pindang tetel, lapis, jenang suntir, sate kebo. Semu makanan khas Kabupaten Pekalongan," paparnya.
 
 
Pada kesempatan itu, DPRD juga memberikan apresiasi dan penghargaan kepada komponen masyarakat yang berprestasi. Seperti desa tercepat dalam pembayayaran PBB, yaitu Desa Ketitiang lor. Kemudian, desa dengan administrasi terbaik, yaitu Desa Sidomulyo, Kecamatan Lebakbarang. Kelompok paling kreatif dan inovatif, kelompok petani unggul jaya,Desa Sidomukti, Kecamatan Karanganyar. Dan guru teladan se-Kabupaten Pekalongan mulai tingkat SD hingg SMA serta bidan teladan.Penghargaan diberikan langsung oleh Ketua DPRD Kabupaten Pekalongan di ruang paripurna. 
 
"Rapat paripurna istimewa ini, semua hadirin dan tamu undangan juga memakai pakaian adat. Adapun pakaian adat masyarakat Kabupaten Pekalongan, yaitu untuk laki-laki pakaian atas baju koko warna putih, celana hitam dan mengenakan sarung. Untuk perempuan mengenakan kebaya. Semoga dengan momentum ini dengan bertambahnya usia Kabupaten Pekalongan masyarakat lebih sejahtera lahir batin sesuai visi misi bupati," jelasnya.
 
Sementara itu, Bupati Pekalongan Asip Kholbihi, menyampaikan, rapat paripurna istimewa, memperingati hari jadi ke-395 adalah  sarana untuk menyelenggarakan peringatan secara resmi, dan menggali lagi nilai-nilai sejarah Kabupaten Pekalongan  menjadi pemantik untuk kemajuan ke depan. 
 
"Insya allah dengan landasan sejarah yang kuat bisa dijadikan untuk memajukan Kabupaten Pekalongan. Kami juga ucapkan kepada bupati dan ketua dprd terdahulu yang telah menancapkan landasan kuat pembangunan. Kami juga mengucapkan kepada instansi vertikal semua bersatu padu membangun Kabupaten Pekalongan. Kepada DPRD kami juga ucapkan terimakasih, lahirnya peraturan daerah yang menjadi landasan hukum proses pembangunan dan proses pengangguran yang berjalan apik," katanya.
 
Pada kesempatan itu, Bupati Pekalongan juga menyampaikan beberapa raihan prestasi spektakuler, dimana prestasi itu didapat dalam satu tahun kepemimpinannya, di antaranya, penghargaan adipura, Kota layak anak dan sebagainya. Di akhir acara juga ditampilkan sisi lain dari Bupati Pekalongan Asip Kholbihi yang dikenal dari kalangan santri, tapi pandai memetik gitar serta mendendangkan sebuah lagu balad dengan latarbelakang panorama alam Kabupaten Pekalongan. Penampilan itu ditampilkan dalam sebuah layar di ruang sidang paripurna DPRD Kabupaten Pekalongan. (ii)

 

 

 

 

 

 

 

 

HUBUNGI KAMI

Sekretariat DPRD Kabupaten Pekalongan
Alamat Jl. Alun-alun Utara No.2
Kajen
Jawa Tengah
Kode Pos 51161
Indonesia
Telp : 0285-381928

: