Kegiatan Dewan

Komisi D DPRD Kab Pekalongan Kunker ke BNPB

 

KAJEN - Mengatasi persoalan rob memang semua elemen harus sengkuyung. Termasuk para wakil rakyat di DPRD Kabupaten Pekalongan, karenanya Komisi D DPRD bertandang ke BNPB pusat di Jakarta untuk menyampaikan permasalah rob di Kota Santri serta meminta bantuan penanganan.

"Kami ke kantor BNPB pusat minta supaya ada penanganan pascabencana melalui dana rehabilitasi dan rekonstri untuk memperbaiki sarana dan prasarana infastruktur yang rusak akibat diterjang rob bertahun-tahun, terutama lahan pertanian dan tambak di 13 desa di Kecamatan Tirto dan Wonokerto," kata Sekretaris Komisi D DPRD Kabupaten Pekalongan, Moh Nurkholis, Kamis (21/9).



Bahkan, kata di Desa Jeruksari, Kecamatan Tirto sawah di sana sejak tahun 2004 tidak bisa ditanami padi. Hal itu disebabkan lantaran air rob masuk ke lahan pertanian. Padahal, sebelum terkena rob setiap dua tahun bisa panen sebanyak lima kali dengan hasil panen 25 ton gabah kering. Akibat lahan pertanian dan tambak tidak bisa diolah, kata politisi asal Desa Jeruksari dari PDI Perjuangan itu, para petani dan petambak beralih profesi menjadi kuli panggul di sejumlah toko di Kota Pekalongan.

Karenanya, sebagai ikhtiar untuk menghidupkan kembali lahan pertanian di kawasan pesisir Kota Santri pihaknya bersama koleganya di Komisi D DPRD Kabupaten Pekalongan melakukan kunjungan ke BNPB di Jakarta, menyampaikan usulan dan permintaan adanya perbaikkan infastruktur pertanian di beberapa desa di Kecamatan Tirto dan Wonokerto.

Namun, kata dia, hasil keterangan yang diperoleh memang ada pos anggaran di BNPB yaitu dana Rehabilitas dan Rekonstruksi. Tapi, lanjut Nurkholis yang bisa mengajukan dari pihak esekutif (pemeritah). Untuk itu, pihaknya mendorong pemkab agar segera mengatasi permasalahan rob di Kota Santri.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, pemerintah daerah telah membangun tanggul darurat melintang. Tanggul itu untuk mengatasi permasalahan rob di tiga desa di Tirto, yaitu Desa Mulyorejo, Tegaldowo dan Karangjompo. Bahkan, rob di Desa Mulyorejo rob di sana sudah mengering. (i)

 

 

 

HUBUNGI KAMI

Sekretariat DPRD Kabupaten Pekalongan
Alamat Jl. Alun-alun Utara No.2
Kajen
Jawa Tengah
Kode Pos 51161
Indonesia
Telp : 0285-381928

: