Kegiatan Dewan

Anggota Komisi D : Rob Sudah Seharusnya Masuk Kategori Bencana

 

KAJEN - Anggota DPRD Kabupaten Pekalongan, Moh Nurkholis menilai rob atau meluapnya air laut ke daratan sudah semestinya masuk kategori bencana. Sebab peristiwa ini terjadi secara terus menerus.

"Komisi D DPRD Kabupaten Pekalongan sudah melakukan audiensi ke Komisi VIII DPR RI di Senayan Jakarta mengusulkan agar rob masuk kategori bencana," kata dia, Minggu (3/12).

 

Menurutnya, banjir yang terjadi pada Jumat (1/12) di sejumlah kawasan pantai utara Jawa, termasuk di wilayah pesisir Kabupaten Pekalongan, terutama di Desa Jeruksari, Kecamatan Tirto hal itu juga merupakan bagian rob karena air laut meluap.

Untuk itu, pihaknya meminta supaya pemerintah daerah juga sepaham dengan Komisi D DPRD Kabupaten Pekalongan supaya mengusulkan kepada pemerintah pusat agar rob masuk kategori bencana.

Dengan begitu, penanganannya tidak spasial melainkan komprehensif, baik dari segi dukungan anggaran maupun teknologi yang akan digunakan untuk penanganan rob.

Berkaitan dengan peristiwa banjir pada (1/2), politisi asal Fraksi PDI Perjuangan itu mengapresiasi langkah-langkah dari pemerintah daerah yang tanggap serta telah melakukan beberapa penanganan. Apresiasi positif juga diberikan kepada aparat polisi dan TNI yang bahu membahu membantu korban banjir di Desa Jeruksari dan desa lainnya di yang terendam banjir rob.

Meski begitu, ia menilai posko bendana di desanya masih terlihat sepi, bantuan logistik juga masih belum ada. Memang, kata dia, warga masih memilih tinggal di rumahnya masing-masing, belum mau mengungsi.

Dia menyebutkan, banjir rob pada Jumat (1/12) mengakibatkan hampir 90 persen lebih rumah di Desa Jeruksari, Kecamatan Tirto terendam, bahkan hingga saat ini beberapa rumah masih terendam.

"Tingkat ketinggian airnya pasang surut, seperti tadi pagi sempat naik lagi, kemudian pada pukul 14.00 turun. Tapi yang pasti masih ada rumah-rumah warga yang saat ini masih terendam luapan air laut," kata dia.

Ia mengharapkan, program pemerintah daerah mengenai penanganan rob di wilayah pesisir Kota Santri segera dilaksanakan. Pasalnya, hal demikian ditunggu-tunggu oleh masyarakat. (i)

 

 

 

HUBUNGI KAMI

Sekretariat DPRD Kabupaten Pekalongan
Alamat Jl. Alun-alun Utara No.2
Kajen
Jawa Tengah
Kode Pos 51161
Indonesia
Telp : 0285-381928

: