Kegiatan Dewan

Komisi B Kunjungan Kerja ke Puskesmas Kesesi 1, Pertanyakan Perkembangan Pembangunan RSUD Kesesi

 

KAJEN - Pembangunan RSUD Kesesi akan mulai dibangun tahun ini. Adapun lokasinya yaitu terletak di dekat Puskesmas Kesesi 1. Hal demikian terungkap dalam kegiatan kunjungan kerja dalam daerah Komisi B DPRD Kabupaten Pekalongan, di Puskesmas 1 Kesesi, Senin (8/1).

Kunjungan kerja Komisi B DPRD itu dilakukan untuk mengetahui sekaligus evaluai penyerapan anggaran 2017. Kemudian pelaksanaan APBD 2018, dan mengenai pengembangan adanya Puskesmas Kesesi I menjadi RSUD Kabupaten Pekalongan di sebelah barat.

"Kami juga ingin mengetahui sejauh mana perkembangan untuk pembangunan RSUD di Kesesi ini?," ungkapnya.

 

Pewakilan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan, Setiawan menyampaikan bahwa meskipun akan ada pembangunan RSUD Kesesi, namun Puskesmas Kesesi I tetap memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Adanya Rumah Sakit maka kedepan Puskesmas tidak ada rawat inap lagi, namun demikian tetap memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat," terangnya.

Staf Dinas Kesehatan, Daryanto, dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa Pembangunan RSUD Kesesi kini untuk DED sudah jadi. Ini merupakan peningkatan rawat inap Kesesi I, namun Pukesmas tetap memberikan pelayanan.

"Tahun 2018 ini akan dimulai pembangunan disebelah utara Puskesmas. Kemudian akan dibangun dua lokal dengan anggaran tahun 2018 senilai Rp 6,5 miliar. Gedung yang dibangun lantai 2, kemudian gedung depan 2 lantai, tahun ini Rp 6,5 miliar masih dalam bentuk dak sehingga RSUD bisa memberikan perawatan," terangnya.

Diakui bahwa pembangunan RSUD sebenarnya membutuhkan anggaran mencapai Rp 60 miliar, namun dalam pembangunannya dilakukan secara bertahap.

"Untuk membangun RSUD ini juga harus ada ijin dari Provinsi. Selain itu tahun ini juga ada anggaran untuk membebaskan lahan pengganti Puskesmas I, yaitu apakah di Ponolawen atau di dekat Pasar Kesesi," lanjutnya.

Anggota Komisi B DPRD Kabupaten Pekalongan, Dodi Prasetiyo menambahkan bahwa wilayah Kesesi memang patut dibangun Rumah Sakit. Sebab dilihat dari data pasien Puskesmas Kesesi I terus meningkat.

"Dengan adanya Rumah Sakit maka pelayanan kesehatan kepada masyarakat dapat terpenuhi. Apalagi pasien dari tetangga juga banyak yang ke Kesesi," imbuhnya.(i)

 

 

 

HUBUNGI KAMI

Sekretariat DPRD Kabupaten Pekalongan
Alamat Jl. Alun-alun Utara No.2
Kajen
Jawa Tengah
Kode Pos 51161
Indonesia
Telp : 0285-381928

: