Kegiatan Dewan

DPRD Dorong Desa Menjadi Pusat Pertumbuhan Ekonomi

 

 

 

KAJEN - DPRD Kabupaten Pekalongan mendorong pemerintah agar menjadikan desa sebagai pusat pertumbuhan ekonomi. Hal itu disampaikan Anggota DPRD, Herry Triyono Sabdo membacakan catatan strategis dan rekomendasi DPRD terhadap LKPj Bupati Pekalongan akhir tahun anggaran 2016 dalam sebuah sidang paripurna, baru-baru ini.

Menurutnya, dengan dijadikannya desa sebagai pusat pertumbuhan ekonomi diharapkan kemiskinan akan berkurang secara signifikan. Hal ini, lanjut dia, dapat ditempuh melalui kebijakan pemanfaatan dana desa dan ADD untuk kegiatan yang lebih produktif.

 

Artinya pengelolaan sumber dana ini, yang trennya dua tahun terakhirnya ini angkanya meningkat harus benar-benar mampu menstimulus perekonomian desa ke arah lebih baik.

"Misalnya berkembangnya SDM desa yang produktif melalui perbaikan layanan pendidikan, kesehatan, berkembangnya usaha usaha produktif berabsis desa, seperti kuliner desa, lumbung desa, pariwisata desa, dan paar desa. Juga diperlukan penguatan organsiasi perangkat daerah yang berkaitan dengan prioritas pembangunan desa," paparnya.

Organisasi perangkat daerah, kata Herry menyampaikan catatan strategis dan rekomendasi DPRD, harus memiliki tim kerja yang kuat, kredibel agar pembangunan desa lebih akuntable dan terukur hasilnya.

"Kegagal atas pembangunan desa pada masa lalu hendaknya menjadi pembelajaran penting bagi pemerintah daerah. Pembda harus menemukan titik lemahnya pembangunan desa agar kesalahan yang sama tidak terulang," terangnya.

Misalnya, lanjut dia, rendahnya kualitas dan kapasitas pemerintah desa, administrasi dan sarana prasarana desa, penyalahgunaan wewenang aparatur desa, korupsi APBDes. DPRD Kabupaten Pekalongan juga merekomendasikan agar jalan-jalan desa yang terimbas pembangunan jalan tol harus ada ganti ruginya. (i)

 

 

 

HUBUNGI KAMI

Sekretariat DPRD Kabupaten Pekalongan
Alamat Jl. Alun-alun Utara No.2
Kajen
Jawa Tengah
Kode Pos 51161
Indonesia
Telp : 0285-381928

: