Sosial

DPRD Apresiasi Berdirinya Delapan Perguruan Tinggi

25 Agustus 2020 Admin 707

KAJEN - Dalam memperingati hari jadi Kabupaten Pekalongan ke-398, DPRD Kabupaten Pekalongan, Selasa (25/08/2020) menggelar rapat paripurna di Gedung Paripurna Lantai 1. Adapun dalam dihari jadi, DPRD Kabupaten Pekalongan memberikan apresiasi kepada Pemda atas berdirinya delapan Perguruan Tinggi yang berpotensi untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM).

Rapat paripurna peringatan Hari jadi ditengah Pandemi Covid-19 dilaksanakan tetap mengedepankan protokoler kesehatan yakni dengan mengenakan masker, han sanitizer dan jaga jarak. Paripurna digelar mulai pukul 11.00 WIB dengan dihadiri oleh Bupati Pekalongan H. Asip Kholbihi, SH., M.Si Wakil Bupati Pekalongan Ir. Hj. Arini Harimurti, Forkopimda, OPD, Ketua, Wakil Ketua, DPRD anggota DPRD Kabupaten Pekalongan. Bahkan nampak pula mantan Bupati Pekalongan Amat Antono dan Mantan Ketua DPRD Kabupaten Pekalongan.

Paripurna Hari Jadi kali ini bertema 'Tetap Bersatu Untuk Kabupaten Pekalongan Maju' di pimpin langsung oleh Wakil Ketua DPRD, Nunung Sugiantoro. Kemudian dilanjutkan pembacaan Sejarah singkat Kabupaten Pekalongan oleh anggota DPRD Kabupaten Pekalongan, Fatkhiana Dewi, SH. Selanjutnya Mendengarkan Mars dan Himne Kabupaten Pekalongan.

 

Dalam kesempatan itu, Ketua DPRD Kabupaten Pekalongan Dra. Hj. Hindun, MH. menyampaikan hari ini tepat memperingati hari jadi ke 398 dan sesuai dengan peraturan daerah yakni 25 Agustus. Menurutnya, sudah banyak disampaikan Pemerintah Daerah tentang capaian terutama bidang pendidikan. 

"Oleh karena itu saya sangat mengapresiasi dari apa yang bisa dilakukan oleh pemerintah selama 4 tahun dan ini yang terakhir kepemimpinan. Hari ini kita bisa melihat ada delapan perguruan tinggi yang berdiri di Kabupaten Pekalongan yaitu ada IAIN, Undip UMPP, AKN, UNIKAL, Institut Teknologi Sains NU (ITSNU) dan lainya, " ujar Hindun.

Dikatakan keberadaan delapan Perguruan Tinggi tersebut merupakan prestasi di bidang pendidikan. Tentu saja juga dalam rangka meningkatkan angka partisipasi kemudian juga untuk meningkatkan indeks pembangunan manusia di Kabupaten Pekalongan. Selain pendidikan banyak prestasi seperti beberapa penghargaan. Dutahun 2020 ini ada banyak capaian dan ini langkah serius dalam rangka untuk memajukan Kabupaten Pekalongan.

"Kami dari DPRD mengapresiasi dan mudah-mudahan kedepan mampu membangun secara terus menerus. Minimal dapat dipertahankan, untuk menuju kemajuan butuh peran masyarakat  karena sekarang ini secara riil pertumbuhan ekonomi walaupun kita tidak minus namun mampu menunjukkan adanya pertumbuhan," lanjutnya.

Kemudian dalam sektor ekonomi, sektor pertanian, sektor UMKM, pemerintah daerah juga secara gencar melakukan berbagai kegiatan dalam rangka intervensi terhadap pertumbuhan UMKM yang ada di Kabupaten Pekalongan. Terbaru ini dibangun dan diresmikan UMKM center, mudah-mudahan bisa berjalan.

"Kita dorong terus karena banyak UMKM sekitar ada 40 ribuan di Kabupaten Pekalongan. Sekarang sudah ada pusat UMKM center yang sudah kita bangun, oleh karena itu kita dorong terus sehingga UMKM center mampu menjadi pusat pertumbuhan dan tentunya ini membawa kesejahteraan bagi Kabupaten Pekalongan. "

Untuk sektor Pertanian meski ditengah pandemi ini namun mampu tumbuh di Kabupaten Pekalongan. Sektor pertanian pertanian menjadi sumber penghidupan dari masyarakat dan tentunya ini juga terus menjadi perhatian pemerintah. Sehingga berbagai sektor pendidikan ekonomi kesehatan kemudian sosial budaya bidang pertanian dan bidang semuanya akan tumbuh.

"Saya terima kasih kepada para pendahulu yang sudah berjuang membangun Kabupaten Pekalongan dan terima kasih juga kepada Bupati kita pada tahun ini Insya Allah visi misi sudah dilaksanakan, " imbuhnya.

Adapun Bupati Pekalongan H. Asip Kholbihi, SH., M.Si menyampaikan Sidang Paripurna di masa pandemic Covid 19 ini  diselenggarakan untuk memberikan makna dan arti penting bagi kelahiran sebuah daerah oleh masyarakat dan rakyat Kabupaten Pekalongan. Hari Jadi Kabupaten Pekalongan ke 398 Tahun 2020 kali ini, mengambil tema 'Tetap Bersatu untuk Kabupaten Pekalongan Maju'. Tema ini mengandung makna harapan agar masyarakat Kabupaten Pekalongan yang heterogen senantiasa menjaga persatuan dan bahu-membahu membangun Kabupaten Pekalongan.

Ada pesan moral dalam tema tersebut yakni untuk bersama-sama bersatu padu melawan Covid-19 serta tetap menjaga kerukunan dan persaudaraan dalam menyikapi perbedaan pilihan dalam Pilkada 2020."Semuanya itu merupakan salah satu modal utama dan faktor dominan Kemajuan Kabupaten Pekalongan. Tema tersebut diangkat sebagai 'spirit' dan agar menjadi Resolusi Momentum Hari Jadi itu sendiri sebagai tanda keteguhan dan tekad yang kuat untuk mewujudkan Masyarakat Kabupaten Pekalongan yang sejahtera, religious dan berkelanjutan berbasis potensi local. "Sementara di akhir sidang Paripurna, Ketua DPRD Kabupaten Pekalongan Dra. Hj. Hindun, MH. menyempatkan untuk membacakan pantun.




Scroll to Top