Sosial

Ketua DPRD Kabupaten Pekalongan Dra. Hj. Hindun, MH Menghadiri Acara Tradisi Syawalan Idul Fitri 1444 H

29 April 2023 Admin 587

KAJEN - Ketua DPRD Kabupaten Pekalongan Dra. Hj. Hindun, MH menghadiri Acara Tradisi Syawalan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Pekalongan pada, Sabtu (29/04/2023).

Tradisi syawalan gunungan megono yang menjadi acara tahunan Kabupaten Pekalongan dan diselenggarakan tiap tujuh hari setelah hari raya idul fitri, ini merupakan acara yang dinanti oleh masyarakat Kabupaten Pekalongan dan sekitarnya. Acara yang diikuti oleh seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Pekalongan dengan membawa gunungan hasil bumi dari masing-masing Kecamatan, selain gunungan hasil bumi, dari beberapa kacamatan juga membawa gunungan yang berisi hasil UMKM di kecamatan tersebut seperti produksi pakaian dan jeans.

Dalam sambutannya Ketua DPRD Kabupaten Pekalongan Dra. Hj. Hindun, MH menyampaikan apresiasi atas suksesnya acara Tradisi Syawalan 1444 H yang diselenggarakan di kawasan wisata Linggo Asri. ‘’Hari ini kita kembali melaksanakan tradisi yang kita tunggu-tunggu, budaya kita, yaitu Syawalan Megono Gunungan di Linggo Asri. Alhamdulillah hari ini kita semua bisa hadir dalam keadaan sehat wal'afiat, mudah-mudahan kehadiran membawa berkah untuk kita semua di Kabupaten Pekalongan,” ungkapnya.

Ketua DPRD Kabupaten Pekalongan Dra. Hj. Hindun, MH juga menyampaikan melalui acara tradisi Syawalan dapat saling mempererat tali silaturahmi antara Pemerintah, Forkopimda, Perangkat Daerah, dan masyarakat Kabupaten Pekalongan. Untuk itu dalam acara tradisi syawalan ini mari bersama meningkatkan yang baik-baik agar diteruskan dan yang tidak baik untuk ditinggalkan.

Dra. Hj. Hindun, MH berdoa, mudah-mudahan masyarakat Kabupaten Pekalongan diampuni dosa-dosanya dan diberikan rezeki yang banyak, melimpah, berkah, serta Bupati Pekalongan Fadia Arafiq dapat melakukan pembangunan yang lebih banyak dan baik lagi.

''Saya senang sekali dan berterima kasih kepada Bupati Pekalongan karena bersedia menggelar event syawalan di Linggo Asri. Apalagi ini sudah menjadi agenda rutin tahunan,'' kata Hj Hindun." ungkap Ketua DPRD Dra. Hj. Hindun, MH.

Di akhir acara dilaksanakan pemotongan tumpeng yang dilakukan oleh bupati Pekalongan yang selanjutnya diserahkan kepada ketua DPRD kabupaten Pekalongan Dra. Hj. Hindun, MH dan dilanjutkan dengan perebutan gunungan oleh masyarakat yang hadir. 

[ HumasSetwanKab ]