Sosial

Ketua DPRD Kabupaten Pekalongan Dra. Hj. Hindun, MH Menghadiri Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD) Lebakbarang

16 Februari 2022 Admin 938

LEBAKBARANG - Ketua DPRD Kabupaten Pekalongan Dra. Hj. Hindun, MH menghadiri kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD) dalam rangka Pembinaan dan pengawasan desa di Aula Kecamatan Lebakbarang pada, Rabu (16/02/2022) siang.

Dalam kegiatan tersebut, Ketua DPRD menyampaikan pemberdayaan LPMD harus dilakukan guna meningkatkan kemampuan dan kapasitas untuk menggerakkan masyarakat.

"Ada peran penting LPMD yang tidak bisa tergantikan, yaitu dalam menggerakkan masyarakat. Saya rasa memang LPMD di Kecamatan Lebakbarang harus terus kita berdayakan agar punya kemampuan dan kapasitas untuk menggerakkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan di desa," ujarnya.

Pembangunan desa harus sesuai berdasarkan dengan kebutuhan desa untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Tidak hanya itu, upaya mensejahterakan masyarakat desa, cara mengenali masalah yang ada di desa, merumuskan perencanaan kegiatan guna menyelesaikan masalah yang ada di desa dan pembangunan desa.

Di Lebakbarang sendiri, beberapa waktu lalu sering terjadi bencana longsor, itu mengakibatkan pemadaman listrik di beberapa desa di Lebakbarang. Salah seorang peserta LPMD Slamet menyampaikan bahwa didaerahnya sering sekali padam jika terjadi hujan, baik karena pohon tumbang maupun longsor yang mengenai kabel.

Atas keluhan masyarakat tersebut, Ketua DPRD Kabupaten Pekalongan meminta PLN harus bergerak langsung dalam mengatasi pemadaman listrik pada waktu musim hujan baik akibat pohon tumbang maupun akibat bencana longsor.

"Di musim penghujan seperti daerah Lebakbarang memang rawan pohon tumbang dan bencana longsor, itu bisa merusak infrastruktur instalasi listrik yang mengakibatkan pemadaman. PLN harus bisa segera menangani persoalan tersebut," jelasnya.

Jika listrik sudah stabil, maka perlu dukungan dari Pemerintah agar seluruh desa di Lebakbarang bisa menggunakan jaringan internet, dengan tujuan untuk pemanfaatan dan pemberdayaan masyarakat dibidang UMKM.

Kita tau Lebakbarang sendiri kaya akan sumber daya alam nya. Banyak yang bisa dimanfaatkan dan dikembangkan, di zaman sekarang internet menjadi hal penting dalam mengenalkan dan memasarkan produk-produk UMKM yang ada di Lebakbarang kepada masyarakat luas. "Pemerintah harus memfasilitasi agar masyarakatnya berkembang, salah satunya dengan menyiapkan jaringan internet. Kepada dinas terkait agar bisa segera merealisasikan pemanfaatan internet dengan harapan ada pengembangan UMKM secara digitalisasi dan peningkatan roda perekonomian untuk masyarakat," tandasnya.

[ HumasSetwanKab ]




Scroll to Top