Sosial

DPRD Kabupaten Pekalongan Mengadakan Rapat Koordinasi Persiapan Pemilu Bersama Dinas Terkait

04 Mei 2023 Admin 654

KAJEN - Memasuki tahun politik, DPRD kabupaten Pekalongan mengadakan rapat koordinasi persiapan pemilu bersama dinas terkait pada, Kamis (04/05/2023).

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Pekalongan H. Sumar Rosul, SIP, MAP memimpin Rapat Koordinasi bersama KPUD Kabupaten Pekalongan, Bawaslu bersama BPKD dan Kesbangpol Kabupaten Pekalongan, rapat dilaksakan di ruang rapat Komisi IV Sekretariat DPRD Kabupaten Pekalongan.

Ketua KPUD Kabupaten Pekalongan Abi Rizal menyampaikan anggaran untuk pelaksanaan sudah terpenuhi yang bersumber dari APBN, serta untuk persiapan lainnya masih dalam proses. Sementara itu hasil dari coklit yang dilakukan oleh pantarlih pada bulan lalu KPU kabupaten Pekalongan mendapatkan 737.826 DPS (Daftar Pemilih Sementara)

"Data dari DPS yang ada masih bersifat sementara karena akan dilakukan perbaikan di tingkat Desa dan Kecamatan yang nantinya akan diperoleh DPSHP (Daftar Pemelilih Sementara Hasil Perbaikan) dan kami dari KPUD Kabupaten Pekalongan berharap dari para Caleg dan Partai Politik untuk bisa terus memantau dan mengikuti perkembangan dari persiapan pemilu di tahun 2024" ungkap ketua KPUD Kabupaten Pekalongan.

Abi Rizal juga menyampaikan, di Kabupaten Pekalongan ada sekitar 2.912 TPS dari 285 Desa Kelurahan di 19 Kecamatan di Kabupaten Pekalongan dan peserta pemilu yang terdaftar di KPU RI ada 18 partai politik dan di kabupaten Pekalongan sendiri juga lengkap ada 18 peserta pemilu, pendaftaran caleg dan syarat yang harus dipenuhi ada di website dan media sosial KPUD Kabupaten Pekalongan.

Sementara itu dari Bawaslu Kabupaten Pekalongan menyampaikan untuk saat ini belum ada laporan pelanggaran dari peserta politik baik pemasangan poster atau kampanye, tugas dari Bawaslu sendiri adalah Mengawasi pemutakhiran dan pemeliharaan data pemilih secara berkelanjutan yang dilakukan oleh KPU dengan memperhatikan data kependudukan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan dan Melaksanakan kewajiban lain sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang ada.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Pekalongan H. Sumar Rosul, SIP, MAP menyampaikan "Budgeting, Regulasi dan Persiapan yang sudah dilakukan oleh KPUD Kabupaten Pekalongan sudah cukup baik, serta pemaparan dari persiapan persiapan serta pengumuman juga disampaikan langsung di media sosial dan di website KPUD Kabupaten Pekalongan cukup mudah dipahami oleh masyarakat, Harapan saya dan teman - teman dari DPRD semoga Pemilu tahun 2024 dapat berjalan dengan lancar dan aman tidak ada gangguan" ungkap nya.

[ HumasSetwanKab ]




Scroll to Top