Sosial

DPRD dan IKD Kabupaten Pekalongan Salurkan Bantuan Untuk Korban Banjir

29 Februari 2020 Admin 159

(Puskesmas Diminta Lakukan Jemput Bola Berikan Pelayanan Kesehatan untuk Korban Banjir)

Ketua DPRD Kabupaten Pekalongan bersama dengan Ikatan Keluarga Dewan (IKD) mengadakan kegiatan Peduli Banjir dan menyalurkan bantuan di beberapa lokasi posko korban banjir seperti di Wonokerto Kulon, Pesanggrahan, Pecakaran, Sijambe dan Semut.

Ketua DPRD Kabupaten Pekalongan, Hindun menerangkan bahwa kegiatan peduli banjir ini merupakan bentuk kepedulian dari Dewan kepada masyarakat korban banjir dengan memberikan bantuan agar warga tidak kekurangan makan saat mengungsi.

“Kita membantu memberikan bantuan logistik dengan tujuan persoalan makan bisa teratasi. Warga kita kasih beberapa bantuan seperti mie instan, beras, minyak dan telur serta ada juga pampers untuk bayi serta kesehatan pun juga kita bantu,” ujar Hindun saat diwawancarai disela kunjungan memberikan bantuan kepada korban banjir, Sabtu (29/2/2020).

Terkait bidang kesehatan pun, Hindun berharap agar Puskesmas bergerak aktif dengan melakukan jemput bola ke tempat pengungsian ataupun ke tempat rumah yang dijadikan tempat untuk mengungsi. “Kita anjurkan apabila ada warga yang sakit dan tidak sampai di Puskesmas agar dilakukan jemput bola, saya sudah tanyakan kepada Kepala Puskesmas dan itu sudah dilakukan dengan baik,” katanya.

Hindun juga meminta agar bantuan untuk didistribusikan secara menyeluruh lewat kepala desa. “Saya harap agar kepala desa mendistribusikan kepada warganya. Jangan sampai ada yang tidak mendapatkan bantuan. Bantuan yang terkait dengan persoalan makan agar dimasak bersama-sama, disalurkan kepada warganya, dimakan bersama-sama agar tidak lapar serta dibagi rata. Semua harus dapat,” harapnya.

Saat menyalurkan bantuan dan berkeliling di beberapa desa, Hindun melihat kondisi langsung yang terjadi di Kecamatan Wonokerto yang terdampak banjir. “Saya melihat tadi masyarakatnya sabar, tabah dan juga sehat. Tadi ada beberapa di Puskesmas yang periksa, rata-rata sakit gatal dan masuk angin. Kepala Puskesmas kita minta untuk segera melayani dengan baik dan ada permintaan dari warga untuk diberikan bantuan minyak kayu putih dan obat-obatan. Itu semua akan kita penuhi dari Dewan,” pungkasnya.

Sementara itu, Anggota DPRD Kabupaten Pekalongan dari Komisi 4, Fatkhiana Dewi atau yang biasa disapa Nana Haifan menambahkan bahwa meskipun bantuan ini hanya sekedarnya, mungkin belum bisa memenuhi secara keseluruhan. Tetapi setidaknya bisa membantu dan bermanfaat bagi korban banjir.

Juga karena banjirnya ini merata diwilayah pantura ini salah satunya di Kecamatan Wonokerto. “Intinya kami dari keluarga dewan dengan senang hati membantu saudara kita yang terkena musibah meskipun belum seberapa tetapi minimal bisa memberikan manfaat dan ikut berempati dari kami dan berharap bantuan ini juga bisa disalurkan secara merata melalui kepala desa yang kami kunjungi saat ini,” tandasnya.

InsyaAllah, bantuannnya nanti akan menyambung dari organisasi yang lain, mudah-mudahan bisa memperkuat tali persaudaran karena masyarakat yang satu dengan yang lainnya harus saling tolong menolong jika ada musibah dan bisa memberikan kekuatan bagi mereka.

 




Scroll to Top